Pilu Kakek di Bandung Terancam Masuk Bui karena Dugaan Penipuan

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Senin, 27 Jun 2022 18:26 WIB
Kakek di Bandung Terancam Masuk Bui karena Dugaan Penipuan
Johanes Marinus Lunel (tengah). (Foto: Istimewa)
Bandung -

Johanes Marinus Lunel terpaksa menghadapi bui di usianya yang sudah senja. Pria 82 tahun ini jadi terdakwa atas dugaan kasus penipuan.

Johanes disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung dengan nomor perkara 1171/Pid.B/2021/PN.Bdg. Adapun untuk perkara tersebut saat ini sudah masuk ke persidangan. Perkara ini berkaitan dengan kasus Akademi Keperawatan Yayasan Kawaluyaan.

Kasus ini udah dilakukan penuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung. Dalam tuntutannya, Johanes dituntut 2 tahun 3 bulan penjara.


"Saya sudah sepuh, saat ini usia saya 82 tahun. Saya masuk sebagai anggota Yayasan Kawaluyaan karena pelayanan sebagai deposito iman saya bila kelak saya dipanggil sang pencipta," ujar Johanes saat ditemui di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (27/6/2022).

Johanes tak menyangka menjadi terdakwa di usianya yang sudah renta. Padahal dalam perkara ini, dia mengaku tak merasa merugikan yayasan.

"Malah saya dan kawan-kawan turut menyumbangkan tenaga dan pikiran bagaimana menyelamatkan Yayasan Kawaluyaan," ucapnya.

Sambil terisak, Johanes mengaku tak bisa lagi berbicara panjang lebar. Dia mengaku baru keluar dari rumah sakit karena mengidap sakit jantung kardiovaskular.

"Selama 2006 sampai sekarang, saya sudah tiga kali masuk ICU," kata Johanes.