20 Kilogram Sabu dari Pekanbaru Disita Polisi di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Senin, 27 Jun 2022 14:35 WIB
Polisi Sita Sabu 20 Kilogram di Bandung
Sabu 20 kilogram yang disita Polrestabes Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikJabar)
Bandung -

Polisi meringkus komplotan pengedar sabu di Bandung. Barang bukti sabu seberat 20 kilogram disita polisi dari tangan pelaku di Pekanbaru, Riau.

Ada dua pelaku yang ditangkap personel Satuan Narkoba Polrestabes Bandung yang dipimpin oleh Kasat Narkoba AKBP Ricky Hendarsyah ini. Kedua tersangka yakni EL dan JS.

"Adapun tersangka yang sudah diamankan ada dua tersangka," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (27/6/2022).


Kasus ini bermula saat polisi meringkus EL terlebih dahulu. Polisi kemudian melakukan pengembangan dan pendalaman atas kasus tersebut.

Dari hasil penyelidikan, diketahui bila EL memperoleh sabu dari Pekanbaru. Dia dijanjikan upah ratusan juta rupiah setelah sukses mengantarkan sabu.

"Kemudian karena ada ingkar janji dari seseorang yang menyuruh, tersangka EL menyimpan barang bukti tersebut di Jambi," ujar Aswin.

Barang bukti sabu dari Pekanbaru tersebut disembunyikan di bawah tanah yang berada di kediaman tersangka JS di Jambi. Polisi menemukan tempat persembunyian hingga mendapati barang bukti sabu seberat 20 kilogram itu.

"Setelah melakukan penggalian akhirnya ditemukan sebanyak 20 puluh bungkus narkotik jenis sabu dengan bruto total 20 kilogram," katanya.

Dari hasil pemeriksaan, 20 kilogram sabu itu rencananya diedarkan di Bandung. "Ini akan diedarkan di Bandung dan sekitarnya. Ini kalau sampai beredar, akan merugikan warga Bandung dan sekitarnya," kata Aswin.

(dir/bbn)