Keroyok Mati Warga Bandung, 8 Orang Ditangkap Polisi

Yuga Hassani - detikJabar
Minggu, 22 Mei 2022 20:15 WIB
Pelaku pengeroyokan di Kabupaten Bandung ditangkap.
Pelaku pengeroyokan di Kabupaten Bandung ditangkap (Foto: Istimewa).
Kabupaten Bandung -

Seorang warga Katapang, Kabupaten Bandung inisial DS (41) meregang nyawa setelah dikeroyok oleh 8 orang. Pengeroyokan dipicu adanya perselisihan antara korban dengan salah satu pelaku.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada bulan Januari silam, ketika korban bersama pelaku WG (53) terlibat perselisihan. Usai kejadian itu korban melarikan diri. Namun pada Rabu (18/5/2022) lalu pelaku dan korban kembali bertemu hingga terjadi pengeroyokan.

"Jadi pada siang hari korban bertemu dengan WG, kemudian terjadi perselisihan kembali yang pada sore harinya WG bicara dengan teman temannya sehingga menyulut emosi 7 temannya, akhirnya mereka ber-8 berpapasan dengan korban, kemudian terjadi perkelahian dan penganiayaan secara bersama-sama," ujar Kusworo di Mapolresta Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (22/5/2022).


Kusworo menuturkan dalam pengeroyokan tersebut ke 8 pelaku memiliki peran berbeda. Aksi pengeroyokan tersebut menyebabkan korban tewas.

"Ada yang berperan sebagai yang memegangi korban, ada yang menendangi punggung dan ada yang melakukan penusukan kepada korban yang mengakibatkan luka tusuk pada korban," jelasnya.

"Kemudian setelah selesai di TKP awal, korban dibawa ke daerah Ciceuri, korban ditinggalkan di sana, sempat terlindas. Para pelaku sempat kabur," tambahnya.

Mendapat informasi adanya pengeroyokan berujung maut, pihaknya langsung bergerak memburu para pelaku. Para pelaku pun berhasil ditangkap di tempat berbeda.

Para pelaku yang ditangkap berinisial WG (53), BW (45), FR (30), AS (24), AP (29), RM (30), AS (28), dan GGN (23). Saat ini para pelaku ditahan di Polresta Bandung.

"Akhirnya 2X24 jam berhasil diamankan oleh Satreskrim Polresta Bandung. Para tersangka berhasil diamankan di dua lokasi berbeda. Di antaranya pelaku BW dan AS diamankan pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 sekira jam 15.00 WIB Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung," ujar Kusworo di Mapolresta Bandung, Soreang, Minggu (22/5/2022).

"Enam tersangka lainnya di antaranya WG, FR, AP, RM, AS dan GGN diamankan pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 sekira jam 16.00 WIB di Pasar Maroko, Kabupaten Bandung Barat" tambahnya.

Atas perbuatannya ke delapan pelaku harus mendekam di Polresta Bandung dan dijerat dengan pasal yang berbeda-beda.

Ada yang dijerat dengan pasal 170 KUHP ayat 2 butir 3 tentang tindak pidana pengeroyokan secara bersama-sama yang menyebabkan meninggal dunia dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara.

Kemudian ada juga yang dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

Sementara ada yang dijerat dengan pasal 160 KUHP tentang penghasutan, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

(mso/mso)