Kasus Nurhayati Disetop, Kajati Jabar: Jangan Takut Lapor Korupsi!

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Rabu, 02 Mar 2022 10:10 WIB
Kajati Jabar Asep N Mulyana
Kajati Jabar Asep N Mulyana (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikJabar)
Bandung -

Kasus dugaan korupsi APBDes di Cirebon dengan tersangka Nurhayati tak dilanjutkan usai diterbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2). Adanya penghentian ini, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Asep N Mulyana meminta masyarakat tak takut melapor kasus korupsi.

"SKP2 itu sekaligus memuat pesan jangan takut untuk melaporkan dugaan kasus korupsi," ujar Asep kepada detikJabar, Rabu (2/3/2022).

SKP2 itu diterbitkan jaksa usai Nurhayati dilimpahkan tahap II pada Selasa (1/3) kemarin. SKP2 langsung diserahkan kepada Nurhayati. Dengan hal tersebut, status Nurhayati sebagai tersangka gugur.


"Semangatnya kepada seluruh masyarakat di republik ini SKP2 yang diberikan kepada Nurhayati ini menunjukkan komitmen dan spirit kami bahwa jangan takut untuk kemudian melaporkan atau membongkar kasus korupsi yang terjadi," tutur dia.

Sebelum dikeluarkannya SKP2, Kejati Jabar sendiri sudah melakukan eksaminasi atas perkars tersebut. Menurut Asep, hasil eksaminasi tersebut menunjukkan perkara dengan tersangka Nurhayati tak cukup bukti.

"Pada intinya tim eksaminator menyimpulkan bahwa tidak cukup bukti atau mensrea terhadap perbuatan yang dilakukan oleh Nurhayati," kata Asep.

Sekadar diketahui, Nurhayati ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi APBDes. Padahal Nurhayati mengaku sebagai pelapor kasus tersebut. Perkara itu disetop usai jaksa menerbitkan SKP2 usai Nurhayati dilimpahkan tahap II.



Simak Video "Ungkapan Nurhayati Dengar Kabar Status Tersangka Segera Disetop"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/bbn)