Upaya Mendag Zulhas Lindungi Industri Tekstil Produk Tekstil

Nur Azis - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 14:05 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto: Nur Azis/detikJabar).
Sumedang -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut berbagai upaya perlu dilakukan dalam meningkatkan Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). Salah satunya melindungi pasar dalam negeri dari perilaku yang melanggar.

"Kita harus melindungi pasar dalam negeri, salah satunya industri tekstil ini dari perilaku yang melanggar," ungkap Zulhas seusai melepas ekspor hasil Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) PT. Kwalram Indonesia di Jalan Raya Bandung - Garut, Kabupaten Sumedang, Sabtu (13/8/2022) pagi.

Zulhas menyebut perilaku yang melanggar tersebut, salah satunya terkait maraknya penyelundupan pakaian bekas.


"Penyelundupan baju bekas kemarin sudah kami bakar di Karawang, kemudian penyelundupan pakaian-pakaian tanpa pajak, bahan baku yang tidak tepat impornya, bahan baku yang tidak tepat izinnya, izinnya satu impornya sepuluh, ini yang harus kita tertibkan," paparnya.

Menurut Zulhas Jawa Barat menjadi salah satu pangsa pasar cukup besar bagi penyelundupan pakaian-pakaian bekas.

"Jawa Barat ini karena pasarnya besar, penyelundupnya dari 'pelabuhan tikus' Tarakan sana, tapi dikirimnya ke pulau, pulau Jawa ini ada Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur yang penduduknya besar," tuturnya.

Terkait hal itu, sambung Zulhas, kerjasama perlu dilakukan oleh semua pihak dalam melindungi pasar dalam negeri.

"Oleh karena itu perlu usaha bareng-bareng dalam melindungi pasar dalam negeri ini," ujarnya.

Sebelumnya, Zulhas menyebut ekspor dagang Indonesia mengalami surplus tertinggi sepanjang sejarah hingga mencapai USD 24,89 miliar pada Juli 2022. Salah satu sektor yang berkontribusi adalah tekstil.

"Bulan kemarin ekspor dagangnya tinggi sepanjang sejarah USD 24,89 miliar ya karena ini ekspor ini (tekstil)," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Zulhas pun mengungkapkan impiannya untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat bagi fashion muslim Dunia.

"Kita lihat pakaian di timur tengah pakaian muslimnya hanya sewarna, seperti hitam semua, coba pakaian muslim kita keren-keren, untuk itu saat Indonesia menyerbu dunia," ucapnya.

(mso/mso)