Seruput Hangatnya Cuan dari Segelas Minuman Jahe Merah

Wisma Putra - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 10:33 WIB
Usaha minuman jahe merah di Bandung
Usaha minuman jahe merah di Bandung (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Cuaca Bandung akhir-akhir ini tak menentu, meski pun sudah memasuki musim kemarau namun hujan masih turun di kota berjuluk Paris Van Java ini.

Kesehatan tubuh pun terganggu akibat cuaca yang tak menentu ini. Agar menjaga daya tahan tubuh tetap sehat, minuman jahe merah bisa menjadi pilihan.

Jika Anda ingin mencari minuman rempah sehat satu ini, tepat di sudut Jalan Terusan Gatot Subroto, ada bisa menemukan penjual minuman jahe merah.


Di kala pandemi COVID-19 hingga kini, usaha minuman jahe merah tidak pernah mengalami penurunan, bahkan di kala pandemi COVID-19 yang terjadi dua tahun ke belakang, penjual minuman jahe merah ini meraup banyak cuan. Hal tersebut diamini oleh Irvan (24) penjual jahe merah di jalan tersebut.

"Sekarang alhamdulillah masih ramai, iya (tidak terdampak saat pandemi) tapi pernah sih dibubarkan petugas karena pembatasan boleh berjualan sampai Pukul 20.00 WIB," kata Irvan kepada detikJabar, Rabu (10/8) malam.

Irvan mengungkapkan, panci minuman jahe merah yang ada di gerobaknya berukuran 25 liter dan dapat menjual 100 gelas berukuran besar minuman jahe merah setiap harinya.

Menurut Irvan, ia mangkal di jalan tersebut dari Pukul 16.30-23.00 WIB atau pulang setelah minuman jahe merah yang ia jual habis.

"Tapi alhamdulillah selalu habis," ungkap pria yang berasal dari Cimahi ini.

Irvan menyebut, usaha minuman jahe merah ini adalah milik kakaknya, untuk keuntungan yakni dengan cara bagi hasil. Irvan mengaku, berjulan minuman jahe merah ini sudah berjalan selama dua tahun ini.

Irvan yang sebelumnya bekerja sebagai office boy di sebuah sekolah swasta di Cimahi mengaku penghasilan berjualan jahe merah ini cukup lumayan daripada pekerjaan sebelumnya.

"Alhamdulillah, penghasilannya beda jauh ya, saya bagi hasil sama kakak, kalau lagi ramai nih sehari bisa dapat Rp 150 ribu," ujarnya.

Usaha minuman jahe merah di BandungUsaha minuman jahe merah di Bandung Foto: Wisma Putra/detikJabar

Harga minuman jahe merah yang dijual oleh Irvan dari mulai Rp 6-25 ribu, tergantung menu yang diinginkan. Untuk jahe merah original Rp 6 ribu, susu jahe merah Rp 8 ribu, jahe merah gula aren Rp 8 ribu, susu jahe merah + madu Rp 11 ribu, jahe merah + susu kambing Rp 11 ribu, susu jahe merah dan telur ayam atau bebek Rp 12 ribu, STMJ Rp 15 ribu dan STMJ+Pria Perkasa Rp 25 ribu.

Menariknya minuman jahe merah yang dijual Irvan rempah-rempahnya masih dapat dilihat dan warna minuman jahe merah ini benar-benar berwarna merah, tanpa menggunakan bahan pengawet.

"Isi 12 rempah, salah satunya jahe merah dan yang bisa membuat minuman ini menjadi merah ditambah secang. Buat cari rempah masih gampang, karena banyak dijual di pasar," ujarnya.

Irvan menambahkan, banyak khasiat yang didapat jika kita mengkonsumsi minuman jahe merah ini.

"Produk Allah semua (khasiat), biasanya masuk angin dan sakit badan, juga menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

(wip/yum)