Kabupaten Cianjur

Erick Raup Cuan Jutaan Rupiah Lewat Kerajinan Unik Batok Kelapa

Ikbal selamet - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 17:30 WIB
Perajin Cianjur kreasikan limbah batok kelapa dan bambu jadi kreasi Seni yang bernilai tinggi
Foto: Kerajinan unik berbahan batok kelapa (Ikbal Selamet/detikJabar).
Cianjur -

Erick, seniman asal Cianjur ini sukses mengolah limbah batok kelapa dan bambu menjadi kreasi seni yang bernilai jual tinggi. Dari kerajinan ini, Erick bisa meraup jutaan rupiah per bulan.

Dari penjualan kerajinan tangan berupa miniatur kendaraan hingga gelas cantik dari batok kelapa dan bambu, dirinya bisa mendapat Rp 5 juta per bulan.

"Rata-rata di angka Rp 5 juta, itu keuntungan bersih," ujar Erick, Rabu (10/8/2022).


Menurutnya modal yang dia keluarkan tidak besar. Bahkan dari modal Rp 50 ribu, dia bisa mendapatkan uang hingga Rp 1 juta.

"Modalnya kecil, hanya beli bambu dan limbah batok kelapa. Selebihnya tinggal mengandalkan kreatifitas. Yang mahal itu memang ide kreatifnya, perlu pengalaman untuk bisa cepat berpikir kreatif mengkreasikan limbah menjadi kerajinan yang unik dan bernilai jual," kata dia.

Dia mengatakan penjualan kerajinan tangan dari batok kelapa dan bambu tersebut kini banyak dipesan oleh para pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur.

Selain itu, pembeli dari luar kota yang berkunjung ke Cianjur juga kerap singgah dan membeli kerajinan tangan Erick.

"Saya biasa jualan di sekitaran Joglo, ada juga yang pesan lewat online. Ditambah sekarang banyak pesanan dari instansi, kebanyakannya pesan gelas dari bambu serta teko dari batok kelapa," kata dia.

Menurutnya saat ini ada dua orang tetangga yang sedang dilatih untuk membantu dalam proses produksi. "Saya berdayakan pemuda di lingkungan rumah, saya ajarkan dari awal sampai sekarang mulai terampil. Dengan harapan nanti mereka bisa mandiri dan membuat kreasinya sendiri. Saya senang ketika yang diajari bisa sukses dengan usahanya sendiri ke depan," ujarnya.

Seperti diketahui, beragam kerajinan unik berhasil dibuat Erick dari limbah batok kelapa, mulai dari miniatur sepeda motor, perahu, hingga gelas cantik untuk kopi dan teh.

Erick, mengaku awalnya dia melihat banyak limbah batok kelapa di pasar. Ide kreatifnha pun muncul untuk mengubah limbah itu menjadi kreasi seni.

Tangan terampil seniman Cianjur ini pun hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari untuk membuat satu kerajinan tangan, berupa miniatur sepeda motor dari vespa hingga motor gede dari batok kelapa.

Tak hanya itu, ada juga miniatur kapal pesiar yang berhasil dibuat Erick dari limbah batok kelapa.

"Banyak yang sudah dibuat, seperti miniatur sepeda motor, kapal, dan ada juga mobil tua. Lama pembuatan tergantung dari model dan tingkat kesulitannya, terutama untuk membuat detil agar mirip," kata dia.

Bukan hanya kerajinan tangan dari limbah batok kelapa, Erick juga membuat kerajinan tangan lainnya dari barang bambu, mulai dari gelas cantik, tas, hingga teko.

Desain yang unik, serta ukiran dengan tulisan yang nyeleneh membuat gelar buatan Erick tampak begitu menarik.

Menurutnya kreasi batok kelapa dan bambu tersebut memiliki nilai yang tinggi, untuk satu miniatur sepeda motor bisa dijual dengan harga Rp 200 ribu - Rp 300 ribu per buah.

Sedangkan untuk gelas kopi bisa dijual dengan harga Rp 15 ribu per buah.

(mso/mso)