Biar Aman, Begini Cara Cek Tarif Tol Secara Online di Gmaps

Josina - detikJabar
Rabu, 13 Jul 2022 06:01 WIB
Foto aerial kepadatan kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 38, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu  (9/6). Kemacetan terjadi karena adanya peningkatan volume kendaraan saat arus mudik Lebaran 2018 serta adanya penyempitan jalan dan para pemudik yang ingin masuk ke rest area KM 39. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras/18
Jalan tol Cikampek KM 38, begini cara cek tarifnya di Gmaps. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Cara cek tarif tol kini bisa dilakukan online melalui Google Maps. Layanan ini ditambahkan Google pada Juni 2022, sehingga Maps tak lagai hanya untuk memberi layanan petunjuk jalan.

Dilansir detikINET dari BGR, Google mengatakan kehadiran fitur tarif tol di Google Maps ini akan memudahkan pengguna untuk mengetahui estimasi harga tol yang akan dikeluarkan.

Selain itu juga memungkinkan pengguna dapat memutuskan apakah mereka akan memilih rute jalan biasa atau melalui jalan tol setelah mengetahui biaya tol yang akan dibayar.


Cara Mengecek Tarif Tol di Google Maps:

1. Buka aplikasi Google Maps, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur GPS pada smartphone

2. Lalu ketuk layar kolom 'Telusuri di sini' pada tampilan bagian atas Google Maps

3. Kemudian masukan lokasi yang ingin kamu tuju, detikcom pun menjajal menggunakan smarpthone Android dengan tujuan ke Cimory Dairyland Puncak dari kantor Detikcom

4. Pilih 'Rute' berwarna dan pilih opsi kendaraan mobil dan menggunakan jalan tol

5. Setelah itu kamu akan ditunjukkan tarif tol yang akan dibayar. Misalnya pada gambar di bawah ini kita akan membayar tol sebesar Rp 17.500

Cara cek tarif tol di Gmaps.Cara cek tarif tol di Gmaps. Foto: Josina/detik.com.

6. Untuk info lebih lanjut kamu ketuk bagian waktu tempuh dan jaraknya. Di sini kamu akan diberikan informasi yang lebih detail dan jelas. Mulai dari berapa lama jarak tempuhnya, rute yang akan dilalui hingga tarif tol.

Cara cek tarif tol di Gmaps.Cara cek tarif tol di Gmaps. Foto: Josina/detik.com.

Layanan cek tarif tol online sangat bermanfaat, apalagi karena pembayaran harus menggunakan e-toll. Pengguna tol bisa siap-siap mengisi saldo e-toll seseuai kebutuhan sebelum melakukan perjalanan.

Google mengungkapkan, informasi tarif tol berasal dari data yang diambil dari otoritas pengelola jalan tol. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir jika informasinya tidak akurat.

Tak hanya itu, tarif tol di Google Maps adalah estimasi yang dihitung berdasarkan informasi yang didapat dari pengelola jalan tol dan perhitungan lainnya seperti golongan kendaraan. Estimasi ini bisa menjadi panduan pengguna Google sebelum melakukan perjalanan

Misalnya, untuk melakukan perjalanan menuju objek wisata di Bogor maka pengguna tol harus menyiapkan saldo e-toll minimal Rp 17.500. Jarak yang akan ditempuh adalah 60 km selama 1 jam 16 menit, tentunya dengan melewati jalan tol.

Fitur di Google Maps ini juga menyediakan informasi kemacetan di jalan, kecelakaan, penutupan lajur jalan tol. Informasi lain yang tersedia adalah terkait pembatasan kendaraan ganjil dan genap dan fitur untuk menghindari jalan tol.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kamu hanya perlu mengetuk tiga titik di sudut kanan atas petunjuk arah Anda di Google Maps untuk melihat opsi rute Anda dan pilih 'Hindari tol.'

Saat awal peluncuran fitur, informasi tarif tol di Google Maps sudah tersedia di hampir dua ribu jalan tol yang ada di Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Indonesia. Fitur-fitur itu dapat dipakai di perangkat berbasis Android maupun iOS.

Google yang bermarkas di Mountain View, AS, pun menjanjikan penambahan dukungan layanan navigasi perjalanan dan tarif tol di lebih banyak negara. Harapannya adalah supaya warga dunia bisa merasakan manfaat fitur ini ketika travelling sendiri atau bersama keluarga.

Semoga informasi cara mengecek tarif tol di Google Maps dan sekilas tentang penggunaan fitur yang ada dalam layanan navigasi tersebut bisa berguna untuk para pembaca detik.



Simak Video "Google Maps Bakal Rilis Fitur Cek Tarif Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/row)