Bacaan Niat Puasa Nazar dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Nazar dan Artinya

Tim detikEdu - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 03:30 WIB
Jadwal imsak Depok hari ini sudah diumumkan oleh Kementerian Agama RI. Selain jadwal imsak, waktu buka puasa Depok hari ini juga sudah bisa kamu ketahui.
Ilustrasi puasa (Foto: Getty Images/pictafolio)
Bandung -

Puasa nazar merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh seorang muslim kepada dirinya sendiri karena ada sebab. Awalnya ibadah ini merupakan sunnah. Namun, berubah menjadi wajib karena nazar dari seseorang.

Misalnya saja ada seorang muslim yang bernazar akan berpuasa selama satu hari jika dia lulus dan masuk ke perguruan tinggi. Tentunya, puasa ini wajib dilaksanakan.

Dilansir detikEdu seseorang wajib melaksanakan ibadah yang awalnya sunnah jika dinazarkan. Bahkan bila nazar dari seseorang tersebut batal, maka ia wajib mengqadhanya sebagaimana sesuai dengan Mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hambali yang dikutip dari buku Rahasia Puasa Menurut 4 Mazhab karya Muhammad Suwaidan.


Menurut pendapat jumhur ulama, puasa nazar dapat dilakukan kapan saja kecuali di hari-hari yang dilarang seperti hari raya dan hari Tasyriq. Sementara untuk tata cara pelaksanaannya sama dengan puasa wajib lainnya, yakni niat dibaca pada malam hari sebelum puasa nazar.

Perintah untuk memenuhi nazar juga termaktub dalam firman Allah QS. Al Hajj ayat 29:

ثُمَّ لْيَقْضُوا تَفَثَهُمْ وَلْيُوفُوا نُذُورَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوا بِالْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran (yang ada di badan) mereka, menyempurnakan nazar-nazar mereka dan melakukan tawaf sekeliling rumah tua (Baitullah)." (QS. Al Hajj: 29).

Berikut ini bacaan niat puasa nazar yang perlu dilafalkan saat seseorang hendak menunaikan janjinya.

Niat Puasa Nazar dalam Arab, Latin, dan Artinya


تَعَالىَ لِلّٰهِ النَّذَرِ صَوْمَ نَوَيْتُ

Bacaan latin: Nawaitu shauma nadzri lillahi ta'aala

Artinya: "Saya niat puasa nazar karena Allah Ta'aala."


Artikel ini telah tayang di detikEdu dengan judul Hukum Puasa Nazar yang Benar Seperti Apa? Ini Jawabannya. Baca selengkapnya di sini.

(iqk/iqk)