4 Ribu Jemaah Umrah Jabar Terbang dari BIJB Kertajati November 2022

4 Ribu Jemaah Umrah Jabar Terbang dari BIJB Kertajati November 2022

Rifat Alhamidi - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 15:00 WIB
Situasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka masih terlihat sepi pengunjung. Ini penampakannya.
Bandara Kertajati (Foto: Bima Bagaskara)
Bandung -

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati resmi menjadi entry poin atau pintu masuk perjalanan luar negeri. Bandara terbesar kedua di Indonesia itu pun ditarget bisa langsung melayani penerbangan umrah untuk November 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, BIJB Kertajati ditarget bisa melayani penerbangan jemaah umrah hingga 4 ribu orang. Setelah dibukanya rute penerbangan tersebut, Setiawan optimistis Bandara Kertajati bisa bangkit dari 'mati suri'.

"Kertajati itu di bulan November akan direncanakan melakukan penerbangan umroh. Kurang lebih di 4 ribu (jemaah umrah yang akan berangkat). Pokoknya Garuda itu kurang lebih seminggu sekali, Lion Air sehari dua kali, kurang lebih sekian," katanya saat ditemui wartawan di Gedung Sate, Bandung, Minggu (25/9/2022).


Dibukanya kembali penerbangan internasional di BIJB Kertajati, kata Setiawan, merupakan momentum untuk berbenah. Terutama saat pandemi COVID-19, bandara yang menelan biaya triliunan rupiah tersebut tak bisa beroperasional dengan semestinya.

"Kami sudah bertemu dengan kementerian hukum dan ham. Mudah-mudahan semua akan tepat waktu itu di November ini kita sudah siap untuk penerbangan-penerbangan perdana lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka diprediksi bakal bangkit dari 'mati suri' dalam waktu dekat. Pasalnya, bandara tersebut kini resmi menjadi entry poin atau pintu masuk perjalanan luar negeri.

Disahkannya BIJB Kertajati sebagai pintu masuk perjalanan luar negeri itu, ditetapkan Satgas COVID-19 melalui Surat Edaran (SE) nomor 25 tahun 2022 serta diperkuat Instruksi Mendagri (Inmendagri) nomor 42 tahun 2022 dan SE Menhub nomor 88 tahun 2022.

Aktivitas di bandara terbesar kedua di Indonesia tersebut akan diawali dengan pelayanan penerbangan umroh. Rencananya, penerbangan umroh akan dilaksanakan November 2022 mendatang.

"Penerbangan umroh kali ini akan difasilitasi oleh maskapai Garuda dan Lion Air yang telah menyatakan kesiapannya melakukan penerbangan langsung dari Kertajati ke Jeddah," kata Vice President of Corporate Secretary PT BIJB Dian Nurrahman dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).

"Direncanakan penerbangan menggunakan Lion akan dilakukan empat flight per-minggu. Sementara, Garuda akan melakukan penerbangan satu flight per-minggu. Sehingga total terdapat lima flight dalam satu minggu," ujar dia menambahkan.

(ral/yum)