Keren! Kuli Bangunan di Cianjur Pasang Bendera Raksasa Hasil Nabung

Ikbal Selamet - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 15:24 WIB
Cianjur -

Kecintaan terhadap NKRI membuat Ecen Rosadi, memasang bendera sepanjang 222 meter di Kampung Darmaga Desa Sukaratu Kecamatan Bojongpicung. Bendera itu dibelinya dari hasil tabungan selama 15 tahun menjadi kuli bangunan.

Ecen mengaku pemasangan bendera dengan panjang ratusan meter itu sudah sejak lama, namun profesinya yang hanya sebagai kuli bangunan membuat dia harus menabung dalam jangka waktu yang lama untuk mewujudkan keinginannya itu.

"Setiap hari saya menabung, kalau ada kerjaan lembur baru menabungnya sedikit lebih banyak. Biasanya istri yang ikut menyisihkan dari uang yang saya dapat untuk membeli bahan bendera tersebut," ungkap Ecen, Rabu (17/8/2022).


Impiannya lun akhirnya bisa terwujud usai Ecen menabung selama 15 tahun. Ia berhasil. Mengumpulkan uang hingga sekitar Rp 8 juta yang kemudian dibelikan kain merah dan putih.

Dibantu adiknya, Ecen pun kemudian menjahit kain itu menjadi bendera merah putih dengan panjang 222 meter dan lebar 1,5 meter.

"Alhamdulillah uang yang saya tabung cukup untuk membeli kain sehingga bisa jadi bendera yang panjangnya mencapai 222 meter," tuturnya.

Setelah bendera selesai, Ecen kemudian meminta izin pada kepolisian dan TNI di lingkungan tempat tinggalnya untuk memasang bendera tersebut di momen HUT RI ke-77.

"Responnya bagus, makanya dua hari lalu saya langsung pasang bendera ini," kata dia.

Menurut dia, bendera sepanjang 222 meter itu dipasang di pinggir jalan di kampungnya. Hebatnya lagi, pemasangan itu dilakukan sendirian.

"Dari cari bambu untuk tiangnya, sampai pasang benderanya saya lakukan sendiri. Makan waktu seharian agar semuanya bisa terpasang dan terbentangkan," ucap.

Ia mengaku bangga usahanya selama ini bisa membuat mimpinya untuk membentangkan bendera yang panjang terwujud.

Ecen Rosadi menambahkan rasa nasionalisme dan kecintaannya terhadap merah putih serta NKRI membuat dia rela menyisihkan uang pribadi untuk membuat bendera tersebut.

Dia erharap dengan bentangan bendera panjang ini, bisa memotivasi warga masyarakat lainnya, dalam membangkitkan rasa nasionalisme dan selalu mencintai merah putih serta tetap menjaga keutuhan NKRI.

"Saya berharap motivasi untuk generasi muda dan membangkitkan rasa nasionalisme," pungkasnya.

(dir/dir)