Kabupaten Majalengka

Kala 'Gus Samsudin' Berlenggok di Fashion Show Dalam Penjara

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 20:00 WIB
Fashion show di Lapas Majalengka
Fashion show di Lapas Majalengka (Foto: Erick Disy Darmawan/detikJabar)
Majalengka -

Dalam memperingati HUT RI ke-77, Lapas Kelas IIB Majalengka menggelar lomba fashion show kelas busana muslim bagi warga binaan. Untuk kostum dikembalikan kepada kreativitas para narapidana.

Pantauan detikJabar di lokasi, dalam lomba fashion show ini ada salah satu narapidana yang cukup membetot perhatian. Narapidana bernama Iwan cosplay mengenakan busana ala Gus Samsudin.

Seperti yang diketahui, Gus Samsudin belakangan tengah menjadi buah bibir usai Pesulap Merah membongkar kedok penipuan modus per-dukunan-nya.


Layaknya model sungguhan, dengan mengenakan busana muslim lengkap dengan sorban, Iwan berjalan sambil menirukan gaya Gus Samsudin.

Di hadapan para petugas dan narapidana lainnya, Iwan seolah-olah memeragakan menggunakan keris yang seakan-akan dirinya sakti mandraguna. Lantas, aksi Iwan itu spontan disambut gelak tawa para penonton.

Saat Iwan seolah-olah menunjukkan keris ke arah penonton, salah satu temannya yang tengah duduk bersama penonton lainnya tiba-tiba pura-pura kerasukan.

Melihat temannya kerasukan, Iwan langsung mengobatinya dengan cara menyuapkan permen kepada temannya itu.

Kalapas Majalengka Suparman mengakui, lomba tersebut terinspirasi dari Citayam Fashion Week. Dengan demikian, pihaknya menggelar lomba tersebut untuk kreativitas dan hiburan bagi warga binaannya.

"Kalau fashion show kan lagi viral ya, jadi, kenapa nggak, kita lombakan di Lapas Majalengka. Ternyata warga binaan cukup antusias," kata Suparman saat diwawancarai wartawan, Selasa (16/8/2022).

"Mereka membuat aksesoris sendiri mencari bahan pakaian sendiri. Sehingga kami bebaskan, mau mereka cari dari keluarganya maupun dari barang-barang bekas," ujar dia menambahkan.

Disampaikan Suparman, lomba fashion show tersebut merupakan salah satu agenda hiburan dari beberapa rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT RI ke-77 yang digelar Lapas Kelas IIB Majalengka.

"Dalam rangka 17 Agustus ini, kita di Lapas Majalengka kita melakukan kegiatan-kegiatan, baik warga binaan maupun petugas. Salah satu kegiatannya adalah pertandingan dan perlombaan, seperti olahraga bola voli, terus Catur, tenis meja. Termasuk juga perlombaan keagamaan lomba ngaji dan adzan. Termasuk juga fashion show," jelas dia.

Dengan adanya berbagai hiburan di Lapas dalam memperingati hari kemerdekaan, Suparman berharap, para warga binaannya terhibur.

"Mudah-mudahan ini secara psikologis juga membantu mereka berubah permasalahan-permasalahan yang ada, sehingga mereka menjalani kehidupan menjadi happy. Tidak ada beban yang harus mereka jalani," ujar dia.



Simak Video "Desa di Majalengka Dijuluki Kampung Domba Gegara Ini..."
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)