Menengok Keunikan Karnaval HUT RI di Majalengka

Eric Disy Darmawan - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 14:28 WIB
Karnaval Merah Putih di Kampung Kaputren Majalengka.
Karnaval Merah Putih di Kampung Kaputren Majalengka. (Foto: Eric Disy Darmawan/detikJabar)
Majalengka -

Momen perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati warga Kampung Kaputren, Desa Putridalem, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, dengan menggelar karnaval merah putih.

Selain kostum yang serba merah putih, ada peserta bapak-bapak yang sengaja menggunakan seragam sekolah dasar.

Dandanan tersebut mengundang gelak tawa warga. Pasalnya, raut muka dan wajah yang sudah tua, terlihat keriput di sekitar kelopak matanya, kontras dengan seragam SD yang dikenakan.


"Seru-seruan aja, kang. Eh, ternyata asyik juga. Kita jadi nostalgia sewaktu SD," kata seorang emak-emak yang ikut karnaval di Kampung Kaputren, Asih, kepada Detikjabar, Selasa, (16/8/2022).

Sementara itu, kordinator acara karnaval HUT RI ke-77 di Kampung Kaputren, Amin Halimi mengatakan, warga Kaputren Desa Putridalem saat ini tengah menikmati sukacita merayakan momen kemerdekaan pada Agustus 2022 ini.

"Selain karnaval kostum, kita pun membuat kreasi kue berwarna merah putih. Kue basah, namun warga membuatnya secara seragam dengan warna merah putih," ujarnya.

Amin menambahkan, bersama Komunitas Imah Kaputren pihaknya bersama warga kompak memakai kostum merah putih terbaik.

"Kami mencoba untuk tetap berkreasi. Selain itu, kaum ibu membuat olahan kuliner lokalnya dengan nuansa warna merah putih," ucapnya.

Amin bersama warga Kaputren memang ingin tampil dan menonjolkan sisi potensi yang ada di wilayah kampung wilayah bagian utara Majalengka.

"Inilah Kaputren, kampung nyumput (tersembunyi), tapi keren di wilayah utara Majalengka," ujar Amin, yang juga merupakan tokoh pemuda Kaputren Putridalem Jatitujuh.

(orb/orb)