Kabupaten Bandung

Detik-detik Mahasiswa Bandung Tewas Tenggelam Usai Tolong Teman

Yuga Hassani - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 16:01 WIB
Lokasi mahasiswa Bandung tewas saat tolong teman
Lokasi mahasiswa Bandung tewas saat tolong teman (Foto: Istimewa)
Kabupaten Bandung -

Telkom University (Tel-U) buka suara terkait meninggalnya mahasiwa di Situ (Danau) Techno, Kamis (11/8/2022) lalu. Mahasiswa bernama Bagas Alif Fimaskoro tersebut meninggal diduga setelah menolong temannya yang selesai melaksanakan sidang akhir.

Direktur sekretariat dan perencanaan strategis Telkom University (Tel-U), Dr. Anisah Firli mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada sore hari saat selepas aktivitas akademik di kampus tersebut.

"Jadi kejadiannya itu di hari Kamis, perkiraan jam 6 sore, jadi itu selepas aktivitas akademik di kampus, mungkin itu mahasiswa dalam proses untuk keluar dari kampus. Memang terjadinya di danau sini," ujar Anisah, kepada awak media, Senin (15/8/2022).


Pihaknya menjelaskan salah satu mahasiswa berinisial F menceburkan secara inisiatif ke danau tersebut. Karena F tak bisa berenang, para teman lainnya langsung ikut membantu menolong turun ke danau yang memiliki kedalaman 2 sampai 3 meter.

"Jadi ada salah satu mahasiswa (F) yang mencebur ke danau, kemudian ada rekan lainnya yang berusaha menolong, salah satunya B. Kemudian yang menolong ini (B) lah ternyata kemudian tidak terselamatkan nyawanya," katanya.

"Jadi mungkin kira-kira sekitar 5 sampai 6 yang datang ke sini (menolong), cuma dalam kondisi itu memang satu orang dulu yang mencebur ke danau, dan yang lainnya sebetulnya membantu, dan yang meninggal itu salah satu yang membantu, jadi ada sisi humanis yang bersangkutan B," tambahnya.

Para temannya tersebut diketahui telah melaksanakan sidang pada hari-hari sebelumnya. Namun F baru melaksanakan sidang pada saat hari kejadian.

Anisah menuturkan setelah kejadian kedua mahasiswa tersebut langsung dibawa ke RS Bina Sehat Dayeuh Kolot untuk mendapatkan pertolongan. Namun di rumah sakit tersebut nyawa dari B tidak dapat tertolong.

"Sesampainya di rumah sakit, ananda B dinyatakan meninggal dunia, sedangkan ananda F saat ini sudah dalam keadaan sadar dan sedang dalam perawatan. Semoga ananda Fikri segera diberikan kesembuhan dan kesehatan," jelasnya.

Anisah menampik bahwa para siswa tersebut tengah merayakan sidang akhir. Bahkan menurutnya di kampus tersebut tidak ada prosesi perayaan tersebut.

"Sebetulnya tidak merayakan yah, karena di kami tidak ada prosesi perayaan seperti itu. Cuma memang aktivitas akademik yang berdekatan dengan proses itu, ada prosesi sidang dan kegiatan bertemu dengan dosen," katanya.

Namun pihaknya membenarkan dalam pekan tersebut terdapat beberapa agenda di kampus Tel-U. Salah satunya adalah sidang akhir.

"Dalam satu minggu ada aktivitas sidang, karena kalau kuliah sudah selesai di semester genap. Jadi sekarang itu dalam masa tenang. Jadi mahasiswa datang ke kampus itu ya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan akademik, salah satunya adalah sidang," jelasnya.

Anisah mengimbau para mahasiswa untuk tidak melakukan aktivitas berenang di danang tersebut. Menurutnya danau tersebut bukan untuk berenang.

"Kami pasti memberikan imbauan kepada seluruh civitas. Karena memang danau ini bukan untuk kegiatan berenang. Biasanya danau ini dipakai untuk kegiatan-kegiatan UKM, itu pun dengan perlengkapan yang sangat lengkap. Jadi kami mengimbau kepada mahasiswa untuk tidak melakukan aktivitas serupa ke depannya," pungkasnya.



Simak Video "Ratusan Mahasiswa Positif HIV di Bandung, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)