Kabupaten Bandung

Tolong Teman yang Rayakan Sidang Akhir, Mahasiswa Tewas Tenggelam

Yuga Hassani - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 15:24 WIB
korban tenggelam ilustrasi
Foto: Dok.Detikcom
Kabupaten Bandung -

Seorang mahasiswa meninggal dunia usai menolong rekannya yang nyebur ke Situ Techno atau Danau Galau. Dia menolong rekannya yang merayakan sidang akhir dengan lompat ke danau tersebut.

Nasib malang itu dialami mahasiswa dari Telkom University (Tel-U) pada Kamis (11/8) lalu. Korban diketahui bernama Bagas Alif Fimaskoro mahasiswa Studi D3 jurusan Teknik Telekomunikasi.

"Kalau kronologi, mereka itu merayakan kelulusan ujian di danau itu, bahkan katanya ada yang sempat ngomong 'kalau saya lulus, saya mau berenang di situ.' Jadi orangnya itu sebelum berenang nitip dulu dompet, hp, baru dia nyebur," ujar Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Tedi Rusman saat dihubungi, Senin (15/8/2022).


Tedi mengungkapkan mahasiswa yang meninggal dunia itu adalah yang menolong rekannya yang tidak bisa berenang saat perayaan tersebut. Hal tersebut diketahui saat pihak kepolisian melakukan pengecekan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP)

"Tapi sebelumnya dia juga ngomong, 'saya ini nggak bisa berenang, kalau apa-apa saya tolongin yah,' katanya gitu. Terus nyebur, memang nggak bisa berenang, ditolongin lah sama temennya. Justru yang nolongnya ini yang juga meninggal dunia. Jadi yang meninggalnya yang nolongnya, menurut keterangan yang kami dapat dari sana," katanya.

Meski begitu, pihaknya menyebutkan hal tersebut merupakan perayaan yang berlebihan. Sehingga dalam kejadian tersebut tidak ada unsur kesengajaan.

"Iya jadi euforia, merayakan kelulusan dengan cara seperti itu. Kalau informasi awal saat kita ke TKP itu sementara tidak ada unsur di sengaja lah," ucapnya.

"Jadi kelalaian mereka, meluapkan kegembiraan dengan cara seperti itu. Tapi kan sebetulnya dia tahu sebetulnya tidak bisa berenang. Kalau saya apa-apa tolong dibantu," tambahnya.

Tedy menambahkan saat ini pihaknya tengah mendalami kejadian tersebut. Bahkan, kata dia, saat ini pihak kampus tengah dilakukan pemeriksaan.

"Tapi ini juga lagi kami dalami, lagi dimintai keterangan, ada beberapa orang, termasuk dari rektorat juga yang kami mintai keterangan termasuk saksi-saksi. Untuk lebih jelasnya bisa diinfokan kembali," pungkasnya.

Pihak Tel-U buka suara terkait meninggalnya mahasiswa di Situ (Danau) Techno. Mahasiswa tersebut meninggal diduga setelah menolong temannya yang selesai melaksanakan sidang akhir.

Direktur sekretariat dan perencanaan strategis Telkom University (Tel-U), Anisah Firli mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada sore hari saat selepas aktivitas akademik di kampus tersebut.

"Jadi kejadiannya itu di hari Kamis, perkiraan jam 6 sore, jadi itu selepas aktivitas akademik di kampus, mungkin itu mahasiswa dalam proses untuk keluar dari kampus. Memang terjadinya di danau sini," ujar Anisah, kepada awak media.



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)