Ngeri! Paru-paru Pria Ini Bocor gegara Merokok dan Isap Vape

Tim detikHealth - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 19:00 WIB
ilustrasi vape
Ilustrasi rokok dan vape (Foto: iStock)
Bandung -

Seorang pria mengalami hidropneumotoraks karena kebiasaan merokok tembakau dan nge-vape atau rokok elektrik. Paru-paru pria itu bocor.

Spesialis paru dari RS Paru Persahabatan Agus Dwi Susanto bercerita tentang pengalamannya saat menangani pasien dengan keluhan sesak napas. Pasien muda itu mengeluhkan sesak napas selama tiga hari.

Pria tersebut akhirnya menjalani pemeriksaan. Pria itu juga tak memiliki riwayat asma atau TBC. "Dicari-cari penyebabnya. TBC tidak ada, kanker tidak ada," kata Agus dalam konferensi pers Komnas Pengendalian Tembakau seperti dikutip dari detikHealth, Sabtu (13/8/2022).


Hasil dari pemeriksaan medis, pasien tersebut mengaku merokok sejak 10 tahun silam. Kemudian, dalam satu tahun terakhir ia aktif menggunakan rokok elektrik. Per harinya, ia menghisap rokok elektrik sebanyak 50 kali.

Lebih lanjut, hasil rontgen menunjukkan pria tersebut alami hidropneumotoraks. Penanganan medis pun dilakukan. Selang dipasang untuk mengeluarkan cairan dari paru-paru pria itu.

Diceritakan selanjutnya, pria tersebut akhirnya kini tak lagi merokok, termasuk rokok elektrik. "Akhirnya pasiennya dikeluarkan cairannya, dipasangi selang (paru-parunya) setelah itu disuruh setop vaping, setelah itu sembuh. Jadi memang penyebabnya terkait dengan vaping," kata Agus.

(sud/yum)