Hanan Attaki Petik Hikmah Usai Aktivitas Dakwahnya Ditolak di Jatim

Tim detikJatim - detikJabar
Minggu, 31 Jul 2022 22:30 WIB
Video klarifikasi Ustaz Hanan Attaki
Video klarifikasi Hanan Attaki (Foto: Jemmi Purwodianto)
Bandung -

Hanan Attaki mengaku mendapatkan hikmah atas kejadian yang dialaminya, yakni usai ditolak untuk berdakwah di beberapa daerah di Jatim.

"Dinamika-dinamika yang terjadi selama ini menjadi sebuah hikmah ya. Bahwa ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Mungkin harus sering silaturahmi, lebih sering dialog, ngobrol diskusi insyaallah yang kayak gitu saling kenal dan saling support," kata Hanan saat di Sumenep, Madura seperti dikutip dari detikJatim, Minggu (31/7/2022).

"Seperti yang saya sampaikan di dakwah tadi. Kita ini kalau gak jadi muhajirin ya jadi ansor. Kalau kita yang jadi muhajirin ya kita belajar kalau yang jadi Ansor kita yang memfasilitasi orang yang akan belajar," kata Hanan menambahkan.


Hanan tak menganggap minor tentang penolakan yang dialaminya. Ia mengaku mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

"Maka apa yang terjadi beberapa hari ini bukan negatif atau heboh. Justru ini adalah sebuah hikmah dan momentum, yuk kita ngobrol bareng, musyawarah, mufakat bareng sebagaimana itu adalah spirit dalam pancasila kita yang diselesaikan segala sesuatu diselesaikan secara mufakat musyawarah sehingga kita bisa mendapatkan kebaikan bangsa, agama dunia dan akhirat," ucap Hanan.

Selain itu, Hanan juga disinyalir bergabung dengan Ormas yang dilarang. Namun, Hanan enggan menanggapi hal tersebut. Sebab, ia mengaku telah mengklarifikasi kabar tersebut. Hanan membantah tuduhan itu.

"Itu sudah ada klarifikasinya. Udah selesai. Insyaallah ini mau pulang dulu," tandas Hanan.

Sebelumnya, Ustaz Hanan Attaki tetap datang dan mengisi pengajian umum di Sumenep. Ia mengisi acara di Masjid Nur Muhammad, Jalan Trunojoyo, Sabtu (30/72022) malam.

(sud/yum)