12 Gejala Kolesterol Tinggi, Waspadai Sebelum Makin Parah

Tim detikJabar - detikJabar
Selasa, 19 Jul 2022 14:10 WIB
woman suffering from wrist pain, numbness, or Carpal tunnel syndrome hand holding her ache joint
Ilustrasi gejala kolesterol tinggi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)
Bandung -

Penderita kolesterol di Indonesia terbilang tinggi yakni nyaris 30 persen dari jumlah total penduduk. Kolesterol kerap menjadi penyebab berbagai gangguan di tubuh, seperti penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi.

Kini bukan hanya orang tua saja yang beresiko dengan kolesterol tinggi, anak muda dengan gaya hidup tak sehat pun bisa berpontensi terkena penyakit kolesterol. Gaya hidup seperti konsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak, merokok hingga jarang berolahraga bisa jadi penyebab penyakit kolesterol.

Sebenarnya kolesterol adalah salah satu komponen yang penting untuk tubuh kita dalam jumlah yang cukup. Kolesterol bisa membantu berbagai fungsi di tubuh agar bisa berfungsi baik. Namun akan merugikan dan timbul masalah ketika tingkat kolesterol sudah tinggi.


Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala kolesterol tinggi. Meskipun tingginya kadar kolesterol dalam darah tidak menimbulkan gejala yang khusus. Berikut ini, 12 gejala atau ciri kolesterol tinggi yang harus kamu waspadai :

1. Mudah Mengantuk

Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Kalau frekuensi menguap sudah tidak wajar, Anda patut curiga karena bisa jadi, hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi sehingga pasokan oksigen menuju otak tidak optimal.

2. Kesemutan

Sering merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Akibatnya, ada syaraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal. Secara umum, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh kolesterol.

3. Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tengkuk atau pundak terasa pegal? Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

4. Sakit kepala

Salah satu tanda atau gejala adanya kolesterol tinggi adalah sakit kepala. Sakit kepala di bagian belakang yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat bahkan mengganggu aktivitas. Sakit kepala ini akan berangsur membaik seiring dengan menurunnya kadar kolesterol di dalam darah.

5. Rasa Nyeri di Kaki

Nyeri pada kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi akibat tersumbatnya aliran di arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

6. Xanthelasma

Yaitu endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit. Jika ini terjadi, biasanya tampak noda kuning muda di ujung kelopak mata atau mucul bentolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

7. Perlemakan Hati

Ketika hati dipenuhi lemak berkadar tinggi, timbul keluhan berupa rasa tidak nyaman, begah, bahkan mual. Keadaan seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit sirosis, bahkan kanker hati.

8. Gejala Strok

Tingginya kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak karena kurangnya asupan oksigen dan darah. Kondisi ini yang menyebabkan seseorang mengalami gejala melemahnya salah satu sisi tubuh, muntah menyemprot, atau sakit kepala yang hebat.

9. Kram

Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh pada malam hari saat terbangun dari tidur. Kram terjadi pada tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan.

10. Nyeri Dada

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi ini berperan penting dalam terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Plak adalah penyebab tersumbatnya pembuluh darah jantung yang dapat memicu meningkatnya risiko penyakit jantung dan strok. Gejalanya, nyeri pada dada.

kolesterol

11. Obesitas dan diabetes

Orang yang mengalami obesitas atau pengidap diabetes berisiko memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

12. Impotensi

Impotensi pada pria dapat menjadi tanda kolesterol tinggi karena adanya penumpukan kolesterol jahat (LDL) pada pembuluh darah arteri.

Itu dia 12 gejala atau ciri jika kadar kolesterolmu tinggi.

(tey/tya)