55 Nama Lain Al-Qur'an yang Perlu Diketahui Muslim

55 Nama Lain Al-Qur'an yang Perlu Diketahui Muslim

Rahma Harbani - detikHikmah
Kamis, 01 Des 2022 19:45 WIB
Al-Quran yang menjadi pedoman hidup umat Islam.
Ilustrasi. Inilah daftar 55 nama lain Al-Qur'an. (Foto: Getty Images/iStockphoto/mgstudyo)
Jakarta - Al-Qur'an adalah kitab yang wajib diimani dan diamalkan isinya sebagai pedoman umat Islam. Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammmad SAW ini ternyata memiliki nama lain sebagai tanda pengenalnya. Apa saja nama lain Al-Qur'an?

Nama-nama lain Al-Qur'an ini dijelaskan dalam Kitab al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an karangan Syekh Jalaluddin al-Suyuthi, Abu al-Ma'aliy 'Uzaiziy ibn 'Abd al-Malik atau yang lebih dikenal dengan nama Syaidzalah. Ada 55 nama yang memiliki makna masing-masing mengapa dipilih sebagai penyebutan lain dari Al-Qur'an.

Beberapa nama ini dapat ditemukan di dalam ayat-ayat Al-Qur'an seperti yang diterjemahkan melalui laman Kemenag Wilayah Purbalingga.

55 Nama Lain Al Qur'an dan Artinya

1. Al-Kitab yang artinya kitab karena di dalamnya terkumpul dan terhimpun berbagai ilmu pengetahuan, kisah-kisah terdahulu atau Al Qashash, dan Akhbar. Nama lain Al-Qur'an ini tertuang dalam surah Ad Dukhan ayat 2.

2. Al Mubin artinya memperjelas yang hak dari yang batil.

3. Al Karim artinya sifat kemuliaan yang terkandung di dalamnya. Tertuang dalam surah Al Waqi'ah ayat 77.

4. Al Huda artinya petunjuk. Nama lain Al-Qur'an ini tertulis dalam surah Al Baqarah ayat 185.

5. Al Furqan artinya pembeda yang termaktub dalam surah Al-Furqan ayat 1.

6. Al Kalam artinya kitab ini dapat memengaruhi akal orang yang mendengarkan ayatnya. Sebagaimana tercantum dalam surah At Taubah ayat 6.

7. An Nur artinya cahaya umat manusia untuk mengetahui hal-hal yang rumit dalam perkara halal dan haram. Hal ini disebut dalam surah An Nisa ayat 174.

8. Ar Rahmah artinya Al-Qur'an sebagai rahmat terbesar dari Allah yang diberikan kepada umat Islam. Hal ini dijelaskan dalam surah Al Isra ayat 82.

9. As Syifa artinya obat untuk segala penyakit hati berupa kekufuran, kebodohan, dan dengki. Nama lain Al-Qur'an ini disinggung dalam surah Al Isra ayat 82.

10. Al Mau'idhah artinya Al-Qur'an mengandung banyak pelajaran dan nasihat yang harus diikuti umat Islam. Tercantum dalam surah Yunus ayat 57.

11. Ar Ruh artinya ruh. Nama lain ini terdapat dalam surah Asy Syuraa ayat 52.

12. Al Haq artinya kebenaran. Hal ini tertuang dalam surah Al Baqarah ayat 147

13. Adz Dzikr artinya pemberi peringatan. Nama ini tertulis di dalam surah Al Hijr ayat 9.

14. Al-Burhan artinya bukti kebenaran. Tercantum dalam surah An-Nisa ayat 174.

15. Al-Busyra artinya berita gembira. Ada di dalam surah An-Nahl ayat 89.

16. Al Mubarak artinya mengandung keberkahan yang disinggung di dalam surah Al Anbiya ayat 50.

17. Al Aliy artinya kitab suci yang mengandung nilai tinggi dan agung. Hal ini dijelaskan dalam surah Az Zukhruf ayat 4.

18. Hikmah artinya Al-Qur'an diturunkan berdasarkan Qanun al-Mu'tabar atau hukum yang dapat diambil ibrah. Hal itu berfungsi untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sebagaimana dijelaskan dalam surah al-Qamar ayat 5.

19. Hakim artinya ayat-ayatnya memiliki keajaiban susunan dan keindahan makna. Sebagaimana dalam surah Yunus ayat 1.

20. Muhaimin artinya Al-Qur'an menjadi saksi terhadap adanya kitab-kitab samawi terdahulu dan kejadian umat pada masa lampau. Keterangan ini diungkap dalam surah al-Maidah ayat 48.

21. Habl artinya tali. Tali sebagai kiasan Al-Qur'an di mana bagi mereka yang berpegangan dengan tali tersebut maka ia akan mendapatkan pentunjuk dan masuk surga. Nama lain Al-Qur'an ini dijelaskan Ali 'Imran ayat 103.

22. Shirath Mustaqim artinya panduan yang menuntun kita menuju jalan yang lurus yaitu surga. Tercantum dalam surah Al-An'am ayat 153.

23. Al Qayyim artinya membimbing orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus. Sumber pengambilan nama tersebut dari surah al-Kahfi ayat 2.

24. Al Qaul artinya benar-benar berasal dari firman Tuhan. Sebagaimana dalam surah al-Thariq ayat 13.

25. Al Fashl artinya memisahkan antara yang hak (benar) dan yang batil. Sebagaimana telah disebutkan dalam kutipan ayat pada nama Al-Qur'an sebelumnya.

26. Naba' 'Adhim artinya adanya berita-berita besar tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan pasca kematian. Nama lain Al-Qur'an ini diambil dari surah an Naba ayat 2.

27. Ahsan al-Hadits artinya Al-Qur'an merupakan sebaik-baik perkataan dan ucapan. Keterangan ini didasarkan dari surah az Zumar ayat 23.

28. Mutasyabih atau Al Matsani artinya adanya kemiripan atau keserupaan dari sebagian ayat dengan ayat lainya dalam hal kebaikan (keindahan) dan kebenaran. Sebagaimana telah disebutkan dalam kutipan ayat pada nama Al-Qur'an sebelumnya.

29. At Tanzil artinya wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur melalui perantara malaikat Jibril. Nama ini diambil dari surah asy-Syu'ara ayat 192.


30. Wahy artinya kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Hal ini tertulis dalam surah al-Anbiya' ayat 45.

31. Al 'Arabiy artinya ktitab dengan media perantara bahasa Arab dalam menyampaikan pesan-pesan ilahi. Tercantum dalam surah Yusuf [12] ayat 28.

32. Basha'ir artinya bukti nyata akan keberadaan Tuhan dan kebenaran risalah kenabian. Sebagaimana dalam surah al-A'raf ayat 203.

33. Bayan artinya kitab yang berisi penjelasan dan keterangan yang lengkap bagi umat manusia seperti dalam surah Ali 'Imran ayat 138.

34. Al 'Ilm artinya sumber ilmu dalam Islam. Pemilihan nama tersebut diambil dari surah Al Baqarah ayat 145.

35. Haqq artinya ajaran yang mengandung kebenaran. Sebagaimana dalam surah Ali 'Imran ayat 62.

36. Hady artinya memberikan petunjuk dan hidayah kepada umat manusia. Nama lain Al-Qur'an ini diambil dari surah al-Isra' ayat 9.

37. Al 'Ajab artinya keindahan susunan kata sehingga menjadi sebuah bacaan yang menakjubkan. Penamaan ini bersumber dari surah al-Jinn ayat 1.

38. At Tadzkirah artinya sumber pelajaran bagi mereka yang ingin bertakwa. Hal ini tertuang dalam surah Al Haqqah ayat 48.

39. al-'Urwah al-Wutsqa artinya tali yang sangat kuat, dan barangsiapa yang berpegang pada tali tersebut maka ia akan selamat. Sebagaimana dalam surah Al Baqarah ayat 256.

40. As Shidq artinya ajaran kebenaran. Tercantum dalam surah Az Zumar ayat 33.

41. Al 'Adl artinya semua keputusan yang adil. Sebagaimana dalam surah al-An'am ayat 115.

42. Al Amr artinya perintah-perintah Allah yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Nama ini berdasar pada surah al-Thalaq ayat 5.

43. Al Munadiy artinya penyeru beriman kepada Allah SWT dan rasulNya. Sebagaimana dalam surah Ali 'Imran ayat 193.

44. Al Busyra artinya kabar gembira bagi orang-orang yang beriman. Nama lain Al-Qur'an ini didasarkan dari surah an Naml ayat 2.

45. Majid artinya sifat kemuliaan yang dimiliki Al-Qur'an. Sebagaimana disebutkan dalam surah al Buruj ayat 21.

46. Al Basyir artinya berita gembira kepada orang-orang yang beriman berupa surga. Sebagaimana dalam surah Fussilat ayat 3-4.

47. An Nadzir artinya peringatan-peringatan terkait neraka supaya umat Islam menghindarinya. Sebagaimana telah disebutkan dalam kutipan ayat pada nama Al-Qur'an sebelumnya.

48. Al 'Aziz artinya menang atas orang-orang yang menentang dan mengingkari akan kebenaran Al-Qur'an. Tercantum dalam surah Fussilat ayat 41.

49. Al Balagh artinya berisi perintah-perintah yang harus dijalani, serta juga disampaikan perihal larangan-larangan yang harus dihindari. Nama lain Al-Qur'an ini ada di dalam surah Ibrahim ayat 52.

50. Al Qashash artinya kisah-kisah umat terdahulu supaya bisa diambil pelajaran (ibrah) dari kisah tersebut. Sebagaimana dalam surah Yusuf ayat 3.

51. Shuhuf artinya terkumpul dan tertulis dalam beberapa lembaran (Shahifah). Keterangan ini berdasar dalam surah 'Abasa ayat 13.

52. Al Mukarramah artinya kumpulan ilmu dan hikmah. Sebagaimana telah disebutkan dalam kutipan ayat pada nama Al-Qur'an sebelumnya.

53. Al Marfu'ah artinya tingkatan alam tertinggi (al-'alam al-'ulwiy) yaitu langit ke tujuh. Sebagaimana dalam surah 'Abasa ayat 14.

54. Al Muthahharah artinya kitab yang suci dari penentangan dan penghinaan orang-orang kafir. Sebagaimana telah disebutkan dalam kutipan ayat pada nama Al-Qur'an sebelumnya.

55. Al Wa'id artinya ancaman dan peringatan bagi umat manusia. Nama lain Al-Qur'an ini bersumber dari surah Ibrahim ayat 14.

Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)