5 Jalur Mandiri Universitas di Jawa Timur yang Masih Buka, Ada Unair hingga UMM

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 01 Jul 2022 17:30 WIB
Gedung Farmasi Unair
Jalur mandiri kampus di Jawa Timur yang masih buka. Foto: Istimewa
Jakarta -

Peluang ikut jalur mandiri berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur masih terbuka lebar. Tak terkecuali di Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Brawijaya (UB).

Para calon mahasiswa baru (camaba) yang masih belum mendapatkan kursi di perguruan tinggi tak perlu berkecil hati terlebih dahulu. Cek beberapa informasi pendaftaran seleksi mandiri yang dibuka beberapa kampus di Jawa Timur!

Jadwal Jalur Mandiri Universitas di Jatim yang Masih Buka

1. Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Reguler Jalur Tulis

Bagi kalian yang masih mencoba untuk masuk Unair, saat ini masih dapat bernapas lega. Pendaftaran SMUA Reguler Tulis baru dibuka tanggal 1 Juli 2022 pukul 08.00 WIB dan ditutup 22 Juli 2022 pukul 19.00 WIB.

Ujiannya sendiri akan dilakukan pada 27-28 Juli dan diumumkan 2 Agustus 2022. Dikatakan melalui situs resmi, peserta bisa melakukan pendaftaran melalui https://pendaftaran.unair.ac.id.

2. Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB)

Jalur SMUB adalah penerimaan mahasiswa baru UB yang menggunakan kriteria nilai UTBK 2022 dan prestasi akademik/nonakademik sesuai ketentuan. Camaba UB bisa mendaftarkan diri mulai 1-15 Juli 2022.

Meski SMUB ditujukan bagi peserta yang sudah ikut UTBK SBMPTN 2022, pendaftar jalur mandiri prestasi dan nilai rapor juga masih bisa mendaftarkan diri dengan nilai UTBK. Untuk mendaftar, peserta perlu membuat akun terlebih dahulu di https://admisi.ub.ac.id.

3. Jalur Mandiri Reguler UPN Veteran Jawa Timur

Pendaftaran seleksi mandiri reguler UPN Jatim berlangsung sejak 20 Juni sampai 15 Juli 2022 mendatang. Jalur ini bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru yang ikut UTBK maupun tidak ikut UTBK.

Bagi yang ikut UTBK, kriteria kelulusan juga akan dinilai dari rata-rata rapor kelas 10 sampai 12, sedangkan yang tidak ikut UTBK akan dinilai berdasarkan rata-rata rapor kelas 10-12 saja.

4. Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK)

Ujian mandiri berbasis komputer di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ditujukan untuk pendaftar jenjang sarjana, sarjana terapan, dan pendaftar yang memiliki disabilitas. Peserta bisa memilih dua program studi (prodi) di kelompok saintek atau soshum saja.

Jika memilih satu prodi saja, biaya pendaftarannya adalah Rp 300 ribu, sedangkan apabila memilih dua prodi biaya registrasinya Rp 400 ribu. Calon peserta TMUBK Unesa bisa mendaftarkan diri mulai 4-13 Juli 2022.

5. Penerimaan Maba Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masih membuka beberapa jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru, yaitu jalur reguler sarjana dan vokasi nonkedokteran dan farmasi (sampai 15 Agustus 2022), jalur yatim piatu (sampai 10 Agustus 2022), jalur reguler sarjana kedokteran dan farmasi periode 2 (sampai 18 Juli 2022), dan jalur reguler sarjana dan farmasi periode 3 (19 Juli sampai 10 Agustus 2022).

Sebagai informasi, sebagian jalur di atas juga menerapkan tes kesehatan untuk calon maba. Oleh sebab itu, peserta perlu cek infonya terlebih dahulu di laman PMB UMM.

Nah, sebelum melamar ke kampus-kampus di atas, ada baiknya detikers membaca persyaratan tiap prodi yang akan kalian tuju. Yuk, segera persiapkan diri sebelum sederet jalur mandiri di atas ditutup!



Simak Video "Skema Uji Klinis Fase 3 Vaksin Merah Putih Unair"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia