5 Jalur Mandiri PTKIN Favorit yang Masih Buka, Cek Infonya di Sini!

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 20:30 WIB
UIN Sunan Gunung Djati Bandung jadi PTKIN dengan peminat tertinggi di UM PTKIN 2022
Jadwal jalur mandiri PTKIN favorit. Foto: Doc. uinsgd.ac.id
Jakarta -

Sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) masih membuka jalur mandiri sampai bulan Juli mendatang. Seleksi mandiri dapat dikatakan menjadi salah satu pintu terakhir yang dibuka kampus-kampus di Indonesia dalam menerima mahasiswa baru.

Jalur mandiri pun biasanya dibagi menjadi beberapa jenis, seperti berdasarkan nilai UTBK, berdasarkan tes CBT, prestasi, nilai rapor, dan lain sebagainya.

Nah, bagi para siswa yang tidak lolos melalui jalur UM-PTKIN, jalur mandiri berbagai PTKIN di Indonesia tak ada salahnya untuk dicoba. Yuk, simak jadwal seleksi mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan lainnya.

Jadwal Jalur Mandiri PTKIN Favorit

1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD)

Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri S1 UIN SGD masih dibuka sampai 5 Juli 2022. Peserta bisa langsung mendaftarkan diri melalui portal pmb-pradaftar.uinsgd.ac.id.

Perlu dipahami, jalur ini terbagi menjadi seleksi berbasis komputer (CBT), seleksi prestasi, tahfidz, dan undangan MAN Insan Cendekia 10 Lulusan Terbaik. Tentunya, setiap sub jalur tersebut memiliki ketentuan masing-masing yang bisa dilihat di situs terkait.

2. UIN Walisongo Semarang

Apabila calon mahasiswa baru ingin mendaftar ke UIN Walisongo Semarang, maka kalian perlu segera mempersiapkan diri. Sebab, pendaftaran jalur mandiri kampus ini ditutup pada 3 Juli 2022.

Dikatakan dalam laman kampus, siswa bisa memilih sampai 4 program studi (prodi). Namun, jangan lupa bahwa urutan pilihan fakultas atau prodi menentukan minat.

3.UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka)

UIN Suka masih memberikan kesempatan pendaftaran jalur mandiri tulis berbasis komputer (CBT) sampai dengan 5 Juli 2022. Dalam sumber resmi juga dipaparkan bahwa siswa saintek akan diminta menyelesaikan soal bahasa Arab dan Inggris 20 soal, kajian Islam 20 soal, tes kemampuan dasar (TKD) IPA 20 soal, dan tes potensi akademik 25 soal.

Sementara, peserta ujian soshum mengerjakan soal-soal bahasa Arab, Inggris, kajian Islam, dan TKD IPS. Kedua kelompok ujian sama-sama diminta menyelesaikan 85 soal dalam 90 menit.

4. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jika kalian berminat melanjutkan kuliah di UIN Jakarta, maka segera daftarkan diri melalui jalur mandiri yang masih dibuka. Pendaftarannya sudah dibuka sejak 3 Mei lalu dan ditutup 4 Juli 2022.

Adapun biaya pendaftaran seleksi mandiri UIN Jakarta sebagaimana disebutkan dalam situs resmi adalah Rp 300 ribu. Salah satu hal yang perlu dicatat adalah, terdapat aturan pemilihan prodi dan fakultas yang informasinya bisa dilihat di situs terkait.

5. UIN Sunan Ampel Surabaya (Uinsa)

Uinsa mempersilakan calon mahasiswa baru untuk mendaftar seleksi mandiri reguler sampai 8 Juli 2022. Seleksi mandiri berbasis komputer ini akan dilaksanakan pada 14-23 Juli 2022.

Kampus ini menerapkan beberapa syarat di antaranya ijazah atau surat keterangan lulus, pernyataan kemampuan membaca dan menulis Al Quran, surat pernyataan kesanggupan membayar UKT, surat pernyataan kebenaran dokumen, dan sertifikat prestasi jika punya.

Itulah beberapa jalur mandiri PTKIN yang masih dibuka sampai Juli mendatang. Yuk, segera daftarkan diri!



Simak Video "Ada Potensi Beda Waktu Pelaksanaan Idul Adha Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia