5 Jalur Mandiri Tanpa Nilai UTBK yang Masih Dibuka, Ada Unair hingga USU

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 19:00 WIB
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga
Ilustrasi jalur mandiri tanpa nilai UTBK 2022. Foto: Universitas Airlangga
Jakarta -

Tak sedikit perguruan tinggi yang membuka jalur mandiri menggunakan kriteria sertifikat prestasi, ujian tulis, maupun kriteria lainnya. Sehingga, calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini bisa mencoba seleksi lain, selain yang mensyaratkan nilai UTBK 2022.

Pada umumnya, berbagai kampus di Indonesia membuka pendaftaran seleksi mandiri sampai bulan Juli mendatang. Oleh sebab itu, detikers perlu segera mendaftarkan diri sebelum terlambat.

Di bawah ini detikedu telah merangkum beberapa informasinya dari portal resmi masing-masing. Cek seluruhnya dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

Jalur Mandiri Tanpa Nilai UTBK

1. Universitas Airlangga (Unair)

Ada dua seleksi tulis Unair yang masih dibuka sampai Juli nanti. Pertama adalah seleksi mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Kemitraan Tulis. Sementara yang kedua adalah SMUA Reguler Tulis.

Pendaftaran SMUA reguler tulis bisa dilakukan pada 1 Juli pukul 08.00 WIB sampai 22 Juli 2022 pukul 19.00 WIB. Berbagai syarat khusus per program studi juga bisa dilihat di laman terkait.

2. Telkom University (Tel-U)

Beberapa jalur mandiri Tel-U yang tidak mensyaratkan nilai UTBK masih dibuka, di antaranya adalah jalur beasiswa KIP yang berdasarkan nilai rapor, ujian tulis gelombang 2, jalur kelas internasional (JKI), dan jalur vokasi.

Khususnya untuk jalur beasiswa KIP, pendaftaran bisa dilakukan sampai 5 Juli 2022. Sementara, jalur ujian tulis gelombang 2 hanya dibuka sampai 1 Juli 2022 sebentar lagi.

3. Universitas Sumatra Utara (USU)

Ujian tulis berbasis komputer dalam Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) USU masih menerima ajuan aplikasi sampai 20 Juli 2022. Sama halnya dengan UTBK SBMPTN 2022, ujian tulis kampus ini dibagi menjadi kelompok IPA, IPS, dan IPC.

Jika memilih kelompok ujian IPA, maka yang diujikan adalah tes kemampuan dasar, kimia, matematika IPA, fisika, dan biologi. Kemudian, jika memilih kelompok ujian IPS, siswa harus menyelesaikan soal kemampuan dasar, geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi. Sementara, peserta IPC harus menyelesaikan materi IPA dan IPS.

4. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka)

Ujian tulis berbasis komputer (CBT) gelombang kedua di UIN Suka Yogyakarta menawarkan kesempatan mendaftar sampai 5 Juli 2022 mendatang. Ujian tersebut akan berlangsung pada 11-16 Juli 2022.

Jumlah soal ujian CBT UIN Suka adalah 85 butir dengan waktu yang disediakan adalah 90 menit saja. Baik peserta kelompok IPA maupun IPS nantinya tidak hanya mengerjakan tes kemampuan dasar (TKD) bidang masing-masing saja. Namun, juga diminta mengerjakan soal bahasa Arab dan Inggris, soal kajian Islam, dan tes potensi akademik (TPA).

5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Seleksi mandiri di UPI juga bisa diikuti oleh siswa yang tidak punya nilai UTBK 2022. Jalur yang dibuka untuk lulusan 2020 sampai 2022 ini membuka kesempatan mendaftar sampai 3 Juli 2022.

Di samping itu, pendaftar prodi-prodi tertentu contohnya Ilmu Pendidikan Agama Islam dikenakan syarat khusus. Ketentuannya bisa dicek di situs terkait.

Itulah beberapa jalur mandiri tanpa nilai UTBK 2022 yang masih dibuka. Ambil kesempatan sebelum terlambat ya!



Simak Video "Langkah Tepat Wujudkan Masa Depan Cerah Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia