Universitas Andalas Buka Jalur Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas, Cek Syaratnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 09:00 WIB
Rektorat Universitas Andalas (Unand) Padang
Foto: Dok. Istimewa/Universitas Andalas Buka Jalur Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas, Cek Syaratnya
Jakarta -

Universitas Andalas (Unand) di Padang telah membuka Jalur Seleksi Masuk (SIMA) Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas. Pendaftaran sudah dibuka mulai tanggal 12 Mei-7 Juni 2022.

Wakil Rektor I Universitas Andalas, Prof. Mansyurdin mengungkapkan jalur SIMA ini terdiri dari berbagai jenis yakni SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, dan SIMA Internasional.

"Namun yang sudah dibuka pendaftarannya yakni jalur SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, dan SIMA Disabilitas dari tanggal 12 Mei - 7 Juni 2022 melalui laman http://pmbm.unand.ac.id," ujarnya dikutip dari laman resmi Unand, Senin (16/5/2022).


Syarat SIMA Prestasi Unand 2022

Prof. Mansyurdin mengatakan bahwa SIMA Prestasi bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang mempunyai prestasi dalam bidang bakat, minat dan penalaran minimal juara III pada perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

"Ini dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara," terangnya.


Berikut ini syarat untuk SIMA Prestasi Unand 2022:


1. Lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tiga tahun terakhir yang sudah mempunyai ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)


2. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditentukan oleh masing-masing Program Studi.


3. Nilai rapor semester 1 s.d V


4. Memiliki prestasi serendah-rendahnya peringkat/juara III dalam bidang bakat, minat dan penalaran pada kejuaraan/lomba tingkat internasional atau nasional


5. Prestasi tersebut diperoleh dalam tiga tahun terakhir selama pendidikan dan/atau setelah tamat.


6. Kriteria prestasi unggul tersebut mencakup:


a. Juara/prestasi tingkat internasional yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara

b. Juara/prestasi tingkat nasional yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga resmi (Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, atau BUMN);

c. Daftar bidang olahraga/kesenian/penalaran yang bisa diikuti, silahkan lihat disini


d) Prestasi penalaran lainnya dibidang keagamaan seperti Hafiz Al-Quran minimal 10 (sepuluh) juz yang dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.

e. Bakat dalam bidang kepemimpinan dikhususkan untuk Ketua Umum OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara di SMA/MA/SMK atau sederajat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan.


SIMA Kerja Sama dan Disabilitas

Untuk jalur lain yakni SIMA Kerja Sama, dijelaskan Wakil Rektor I Unand, bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat yang berasal dari daerah 3T.

Jalur ini juga diharapkan bisa meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik dengan latar belakang ekonomi tidak mampu.

"Tahun kemarin ada beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah bersedia bekerja sama untuk jalur ini diantaranya Pemda Solok Selatan, Pemda Dharmasraya, dan Pemda Kerinci," paparnya.

Dikatakan Prof. Mansyurdin, semua biaya pendidikan mahasiswa jalur ini akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah masing-masing, baik UKT maupun PI.

Sementara SIMA Disabilitas, Unand membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas yang dibuktikan dengan surat keterangan disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintah atau instansi yang berwenang.

"Ketiga jalur ini sudah dibuka pendaftarannya hingga 7 Juni 2022 mendatang, untuk pengumuman kelulusan akan diumumkan sehari setelah pengumuman hasil SBMPTN yakni tanggal 24 Juni 2022," ungkapnya.

Untuk melihat info resmi terkait PMB Unand 2022 dapat mengunjungi laman http://pmb.unand.ac.id. Semoga berhasil detikers!



Simak Video "Bus Tabrak Flyover di Padang Panjang, Sopir Diburu Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia