Daftar Biaya Masuk Jalur Mandiri PTN 2022, dari UI hingga UGM

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 13 Mei 2022 09:00 WIB
Ilustrasi lulus kuliah wisuda pendidikan beasiswa
Foto: Getty Images/iStockphoto/Liliboas/Daftar Biaya Masuk Jalur Mandiri PTN 2022, dari UI hingga UGM
Jakarta -

Jalur mandiri menjadi jalur masuk bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi (PT) selain melalui SNMPTN dan SBMPTN. Sejumlah PTN seperti UI hingga UGM membuka jalur mandiri untuk jenjang S1.

Bagi detikers yang ingin mendaftar jalur mandiri di PTN tahun 2022 ini, bisa menyimak biaya pendaftaran masing-masing kampus. Berikut ini daftarnya.


Daftar Biaya Masuk Jalur Mandiri PTN 2022:


1. Biaya Masuk Jalur Mandiri S1 UI 2022

Mengutip laman Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI, berikut ini biaya masuk jenjang S1:


- SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp500.000 untuk 2 pilihan pertama kelompk ujian IPA saja atau IPS saja. Jika hanya memilih 1 prodi tetap membayar Rp500.000.


- SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp600.000 untuk 3 pilihan pertama kelompok ujian IPA dan IPS sekaligus (IPC). Jika hanya memilih 2 prodi tetap membayar Rp500.000.


- Setiap tambah prodi/jurusan selanjutnya dikenakan tambahan Rp100.000/prodi.


Untuk ketentuan pemilihan prodi yakni S1 Reguler maksimal 3 pilihan, S1 Paralel maksimal 3 pilihan, Vokasi D3 maksimal 2 pilihan dan Vokasi D4 maksimal 2 pilihan. Total maksimal pilihan adalah 6 program studi.

Jadi dalam satu formulir, pendaftar dapat memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus.

Prodi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, atau prodi kelompok IPS seluruhnya, atau terdiri dari beberapa prodi kelompok IPA dan prodi kelompok IPS sekaligus (biasa dikenal kelompok IPC).


2. Biaya Masuk Jalur Mandiri S1 ITB 2022

Berdasarkan informasi di laman resmi ITB, Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2022 adalah sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) per pendaftar, termasuk biaya pelaksanaan Ujian Menggambar, bagi peminat FSRD.

Masing-masing pendaftar dapat memilih paling banyak 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang merupakan pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2022.

Pelunasan biaya pendaftaran dilakukan dengan menggunakan kode bayar yang akan diperoleh akun pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. ITB tidak mengembalikan biaya pendaftaran yang telah dibayarkan untuk alasan apa pun.


3. Biaya Masuk Jalur Mandiri IPB 2022

Biaya pendaftaran Seleksi Masuk IPB (SM-IPB) sebesar Rp. 500.000,- (ujian online) dan Rp. 300.000,- (Skor UTBK Saintek).

Peserta membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BSI, BRI, BTN, Mandiri, BJB, BJB Syariah, atau Mega Syariah. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.


4. Biaya Masuk Jalur Mandiri Undip 2022

Melansir laman https://pmb.undip.ac.id/, biaya pendaftaran Ujian Mandiri (UM) Undip tahun 2022 adalah sebesar Rp 350.000 untuk pilihan kelompok ujian Saintek/Soshum, serta sebesar Rp 500.000 untuk pilihan kelompok ujian Campuran.

Tata cara pendaftaran UM Undip adalah sebagai berikut:


- Peserta membuat user pada website pendaftaran menggunakan email

- Peserta memilih jalur pilihan UM S1

- Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)

- Peserta mengisi data portofolio (Raport Smt 1-5 dan atau Prestasi lain) melalui website pendaftaran

- Peserta wajib melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangani oleh peserta dan orang tua (dalam format .pdf) dan diwajibkan Cetak kartu peserta pada website pendaftaran online.

- Setelah selesai melakukan cetak kartu peserta dan mengikut ujian sesuai jadwal pada kartu peserta.


5. Biaya Masuk Jalur Mandiri UGM 2022

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki jalur mandiri lewat Ujian Tulis UGM (UTUL UGM). Biaya tes UTUL UGM berdasar biaya tahun 2020 yaitu sebagai berikut:

A. Biaya pendaftaran pilihan lokasi tes Yogyakarta:


- Kelompok Soshum dan Saintek: Rp 325 ribu

- Kelompok Campuran: Rp 350 ribu


B. Biaya pendaftaran pilihan lokasi tes luar Yogyakarta:


- Kelompok Soshum dan Saintek: Rp 550 ribu

- Kelompok Campuran: Rp 575 ribu

Untuk informasi biaya pendaftaran UTUL UGM 2022 sendiri secara resmi belum diumumkan, namun update informasi bisa cek di laman http://um.ugm.ac.id/.

Nah, itulah sederet daftar biaya masuk jalur mandiri PTN 2022. Kalau detikers incar PTN yang mana?



Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia