6 Tips Ikut Try Out UTBK SBMPTN yang Efektif, Pantau Waktu hingga Jenis Soal

6 Tips Ikut Try Out UTBK SBMPTN yang Efektif, Pantau Waktu hingga Jenis Soal

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 14:30 WIB
Ratusan peserta saat mengikuti Try Out  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  di Gor Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (21/5/2016). Try Out  SBMPTN dihadiri dan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Tips try out yang efektif untuk UTBK SBMPTN 2022. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menjelang penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) SBMPTN 2022, berbagai lembaga bimbingan belajar dan sekolah menggelar try out untuk calon mahasiswa tahun ini. Bagaimana cara agar try out bisa membantu siswa lolos SBMPTN 2022 dengan maksimal?

Alghifari Mahfudz Rumi, peraih nilai sempurna Tes Potensi Skolastik (TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum Saintek UTBK SBMPTN 2021 menuturkan, try out membantunya terbiasa dengan suasana saat ujian, bentuk soal yang disajikan, dan durasi pengerjaan.

Berikut cara ikut try out UTBK SBMPTN dengan maksimal versi para peraih nilai UTBK SBMPTN sempurna tahun lalu.

Tips Try Out Maksimal di UTBK SBMPTN


1. Pelajari Pembahasan per Soal

Alghi mengatakan, dirinya memanfaatkan try out yang diadakan gratis di sekolah sejak awal kelas 12 dan try out dari bimbel online. Try out tersebut diikutinya rutin sesuai jadwal, mulai dari sebulan sekali hingga satu minggu sekali saat mendekati hari H UTBK SBMPTN 2021.

Dari try out tersebut, Alghi bercerita, ia memanfaatkan informasi nilai dan pembahasan untuk membantunya belajar maksimal.

"Nilainya direkap kaya UTBK beneran, dikasih tahu juga pembahasan dan peringkatnya. Ada video pembahasan per soal gitu di website bimbel online," kata Alghi, pada Kamis (24/6/2021) lalu.

2. Kenali Lebih Banyak Jenis Soal

Berbagai layanan bimbingan belajar (bimbel) tatap muka dan digital, di samping di sekolah, umumnya menginfokan daftar materi yang kerap keluar di UTBK SBMPTN. Nah, try out memungkinkan kamu mengerjakan lebih banyak soal sesuai materi yang kerap keluar. Kamu bisa mencoba dahulukan pengerjaan soal yang sudah dipelajari materinya tapi belum banyak dicoba saat latihan soal mandiri.

3. Latih Pola Pikir dalam Pengerjaan Soal

Muhammad Abdillah Roikhan, peraih nilai UTBK SBMPTN 2021 sempurna di Tes Kompetensi Akademik (TK) Kimia menuturkan, manfaatkan try out sebagai platform melatih pola pikir mengerjakan sebuah soal dalam waktu singkat. Dengan melatih urutan berpikir dan pengerjaan yang cepat dalam mengerjakan soal tertentu, sambungnya, maka akan tersisa lebih banyak waktu untuk mengerjakan soal yang lebih sulit.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) ini menuturkan, ia biasanya mengambil try out gratis di platform bimbel online rutin, terutama setelah pengumuman SNMPTN keluar. Setelah program bimbel di sekolahnya usai, ia memanfaatkan 6 hari kosong sebelum UTBK SBMPTN untuk try out setiap hari.

4. Cek Passing Grade Jurusan

Roikhan menambahkan, nilai try out dapat dijadikan patokan progres untuk mencapai nilai minimal atau passing grade sebuah jurusan di perguruan tinggi. Karena itu, ia biasanya mengecek secara berkala pencapaian nilai try out dengan daftar perkiraan passing grade yang disediakan lembaga bimbingan belajar dan sekolahnya.

"Tapi passing grade (dari bimbel online) saya enggak yakin, beberapa sesuai sama yang saya dapatkan, tapi kadang bisa tinggi banget, kadang bisa rendah banget. Jadi ambil patokan dari try out di sekolah," kata alumnus MAN Insan Cendekia Serpong ini, Senin (5/7/2021).

5. Pantau Kecepatan per Soal

Try out UTBK SBMPTN juga dapat membantu calon mahasiswa dalam manajemen waktu pengerjaan soal. Sebab, soal UTBK SBMPTN yang banyak dan kadang punya teks panjang bisa membuat siswa kehabisan waktu saat ujian.

Peraih UTBK SBMPTN 2021 sempurna di Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum Ekonomi Thirof Dzaki Uluelang mengatakan, try out membantunya membiasakan diri mengerjakan soal dengan cepat kendati teks soal panjang. Karena itu, ia rutin try out seminggu sekali sejak 4 bulan sebelum ujian.

"Karena baca teks bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara cepat di awal itu perlu pembiasaan, jadi (lewat TO) aku biasakan gimana baca cepet, dan gimana 20 menit (menyelesaikan) 20 soal)," kata alumnus MAN Insan Cendekia Serpong ini.

6. Atur Waktu Try Out

Sejumlah siswa mulai ikut tryout UTBK SBMPTN sejak Desember, sekitar 4 bulan sebelum ujian, namun ada juga yang dikebut di satu bulan terakhir. Nah, kamu bisa menyesuaikan waktu try out yang nyaman buatmu, baik per dua-tiga hari, mingguan, atau bulanan hingga hari ujian.

Peraih nilai UTBK SBMPTN 2021 sempurna untuk mata pelajaran kimia dan nilai pengetahuan kuantitatif Helmi Abdillah Faza menuturkan, ia memilih try out sebulan sekali di sela latihan soal berkelompok dengan teman-teman daringnya.

Mahasiswa Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB) ini mengaku lebih sering belajar malam hari dan saling mengajari cara cepat pengerjaan soal dengan teman-teman daringnya ketimbang try out. Ia juga sengaja tidak ikut try out beberapa hari sebelum hari UTBK SBMPTN.

"Takut error di hari H, takut mental nge-down kalau enggak bisa ngerjain try out yang mendekati UTBK itu, nanti malah jelek mood-nya," kata alumnus MAN Insan Cendekia Serpong ini, Selasa (20/7/2021).

Gimana detikers, apakah kamu sudah mulai ikut try out UTBK SBMPTN? Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Nadiem Makarim Rombak SBMPTN: Tidak Ada Lagi Tes Mata Pelajaran"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia