Tips Dukung Anak Hadapi UTBK 2022, Jangan Sampai Stres

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 13 Jan 2022 13:31 WIB
happy asian elementary school student studying in classroom looking at camera smiling,
Foto: iStock
Jakarta -

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan bulan Mei 2022. Sebelum mengikuti UTBK, anak pastinya harus mempersiapkan banyak hal. Bisa dengan mengikuti les privat maupun belajar mandiri.

Pada tahun 2021 lalu, sebanyak 777.858 pelajar Indonesia mengikuti UTBK SBMPTN. Dari jumlah tersebut peserta yang lolos hanya 23,78 persen dari jumlah peserta.

Persaingan yang ketat, rentan menyebabkan anak menjadi stres. Agar anak dapat mengelola stres dengan baik, orang tua harus memberikan dukungan dan pengawasan terhadap anak.

Penyebab anak mengalami stres dalam UTBK menurut Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo adalah minimnya pengalaman dalam mengelola stress.

"Secara ilmiah atau biologis di dalam tubuh ada hormon THP. Dalam tubuh orang dewasa, hormon ini akan keluar untuk meredakan cemas yang muncul. Tapi di remaja, hormon ini bekerja sebaliknya. Ketika cemas, hormon ini bisa melipat gandakan. Jadi jangan heran kalau remaja yang salah baju saja bisa seperti big deal buat mereka," ujar Vera yang dikutip dari laman HaiBunda.

Jika stres dibiarkan terlalu lama akan menurunkan motivasi belajar. Untuk itu perlu membangun situasi belajar yang menyenangkan dan suportif. Selain itu mampu menguasai Higher Order of Thinking Skill (HOTS), seperti berpikir kreatif dan analisis.

Hal yang dapat dilakukan orang tua adalah menjaga motivasi anak agar tidak kehilangan motivasi belajar. Selain itu perlunya mengapresiasi pencapaian anak yang sudah diraih sebelum UTBK.

"Kalau kita mau anak berhasil. kita itu harus mengapresiasi apa yang dicapai anak. Yang sering terjadi adalah ketika try out nilainya bagus, tapi saat ujian tidak sesuai ekspektasi," kata Vera.

Tips yang dapat dilakukan oleh orang tua selanjutnya adalah membentuk sikap belajar anak. Dengan membentuk sikap itu nantinya anak tidak merasa terbebani saat berkuliah.

Orang tua juga tidak boleh lupa memenuhi kebutuhan dasar seperti melengkapi nutrisi, menjaga pola tidur anak, serta aktivitas fisik.

Nah itulah tips yang dapat dilakukan orang tua untuk mempersiapkan anak menghadapi UTBK. Simak tips lengkapnya di SINI ya!



Simak Video "Bunda! Kenali Gejala Thalassemia Pada Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia