Siap SNMPTN & SBMPTN 2022, Ini 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 20 Jan 2022 18:00 WIB
ilustrasi kuliah, ilustrasi jurusan, ilustrasi mata pelajaran populer
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 merupakan jalan bagi siswa yang ingin melanjutkan jenjang kuliah.


Sebelum memilih jurusan kuliah, siswa tidak boleh menyepelekan karena jurusan yang diambil bisa jadi akan berpengaruh di karier masa depan. Untuk itu, siswa tidak boleh sampai asal-asalan dalam memilih jurusan kuliah, termasuk saat mendaftar SNMPTN dan SBMPTN 2022.


Merangkum laman instagram Ditjen Diktiristek, berikut 4 tips memilih jurusan kuliah.


4 Tips Memilih Jurusan:


1. Temukan dan pahami minat bakat yang dimiliki


Mengetahui minat dan bakat memang tidak semudah itu. Namun, sejak dini di bangku sekolah kamu bisa memahami kembali apa yang sebenarnya ingin kamu tekuni dan kamu sangat menyukai hal itu.


Dengan mengenali potensi yang ada pada dirimu, lalu bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.


2. Meminta pendapat orang yang berpengalaman


Hal paling sederhana untuk mengetahui jenjang yang belum pernah dialami adalah dengan bertanya kepada seseorang yang berpengalaman.


Kamu bisa mendiskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas yang dapat memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.


3. Melakukan riset


Agar semakin yakin, sebelum mendaftar SNMPTN 2022 atau bahkan jauh sebelum itu, kamu perlu mengetahui sebanyak-banyaknya tentang jurusan incaranmu. Seperti bidang ilmunya, prospek kerja, rekam jejak alumni dan lain sebagainya.


4. Selalu bersungguh-sungguh


Ketika kamu sudah yakin memilih jurusan dan mulai menghadapi berbagai pilihan, tentunya harus diikuti dengan rasa tanggung jawab, di mana kamu harus bersungguh-sungguh dan melakukan segalanya dengan optimal.


Nah, itulah tips yang bisa siswa pahami saat memilih jurusan kuliah jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022. Semoga berhasil ya detikers!



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia