Ketentuan Prodi Keagamaan SNMPTN-SBMPTN 2022, Siswa Madrasah Perlu Cek!

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 10 Jan 2022 17:00 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Foto: Tim Infografis
Jakarta -

Pada SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN 2022, para siswa madrasah perlu mengingat bahwa yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah program studi (prodi) yang umum saja. Artinya, jurusan atau prodi bidang keagamaan tidak termasuk di dalamnya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), Budi P. Widyobroto, dalam sosialisasi virtual Mekanisme Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data PMB 2022, Senin (10/01/2022).

"Sekolah sudah tau persis. Artinya sebetulnya yang diizinkan untuk mengikuti SNMPTN itu jurusan apa saja. Sehingga kalau yang keagamaan itu mohon maaf ya, keagamaan itu kan, PTKIN saja tidak mengikutsertakan prodi-prodi keagamaan di SNMPTN-SBMPTN ini," terang Budi.

Dalam konferensi pers Penerimaan Mahasiswa Baru 2022, Selasa (04/01/2022) lalu, Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari, juga menyatakan bahwa siswa madrasah aliyah, pesantren, SMA, dan SMK mempunyai kedudukan yang sama. Maka dari itu, untuk siswa pesantren juga tidak dibatasi dalam memilih prodi.

"Siswa pesantren kan, madrasah. Itu haknya sama persis dengan SMA sama juga dengan SMK. Jadi tidak ada perbedaan untuk itu," ujar Ashari.

Namun, dirinya turut mengingatkan perihal risiko lintas jurusan, terlebih saat sudah menjadi mahasiswa nanti.

"Bukan tidak boleh. Tetapi ada risiko nanti kelanjutannya itu sudah karena mata pelajarannya sangat berbeda dengan yang dihadapi nanti di tempat yang baru," pungkasnya.

Jalur UTBK-SBMPTN 2022 sendiri dapat diikuti siswa madrasah angkatan 2022 maupun yang sudah lulus pada 2020 dan 2021. Pada seleksi ini, pendaftar bisa memilih prodi saintek, soshum, dan campuran. Akan tetapi, prodi kedokteran dan kedokteran gigi hanya bisa diikuti siswa madrasah aliyah (MA) dari jurusan IPA saja.

Saat pelaksanaan UTBK nanti, siswa madrasah yang lulus pada 2022 harus membawa Surat Keterangan Siswa MA Kelas 12. Sementara, pendaftar dari dua angkatan sebelumnya wajib membawa ijazah.



Simak Video "Madrasah-SMA 'Hilang' di RUU Sisdiknas, Nadiem-Yaqut Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia