Unair Masih Buka Seleksi Mandiri Kemitraan Tahap 2, Bisa Pakai Nilai UTBK

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 20 Jul 2021 14:43 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Airlangga (Unair) masih membuka jalur seleksi mandiri kemitraan (Foto: Esti Widiyana)
Jakarta - Bagi para pejuang PTN (Perguruan Tinggi Negeri), jangan khawatir. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri kemitraan gelombang 2 bagi program sarjana. Pendaftaran secara online dibuka pada 19 Juli hingga 21 Juli 2021.

Jalur mandiri kemitraan gelombang 2 ini tidak menggunakan ujian tulis. Namun, seleksi ini didasarkan pada nilai UTBK-SBMPTN atau hasil Ujian Mandiri Unair tahun 2021. Hal ini ditegaskan pula oleh pihak Unair melalui akun resmi Instagramnya.

"Hai calon Ksatria Airlangga. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 19-21 Juli 2021, seleksi jalur mandiri kemitraan gelombang 2 menggunakan nilai UTBK dan/atau mandiri reguler 2021," tulis pihak Unair yang dikutip detikEdu, Selasa (20/7/2021).

Program studi yang dibuka pada seleksi mandiri kali ini hanya tersedia bagi program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi Unair. Dengan biaya seleksi jalur mandiri ini sebesar Rp 300 ribu. Adapun persyaratan bagi peserta jalur mandiri kemitraan gelombang 2 di antaranya adalah sebagai berikut.

Syarat Peserta Jalur Mandiri Kemitraan Unair Gelombang 2

- Lulusan SMA/MA jurusan IPA/MIPA tahun 2019, 2020 atau 2021;
- Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya;
- Memiliki kartu peserta UTBK-SBMPTN dan/atau Ujian Mandiri Universitas Airlangga tahun 2021;
- Membuat Portofolio yang berisi deskripsi diri tentang motivasi memilih program studi serta komitmen belajar di Universitas Airlangga;
- Bukan pemegang kartu KIP Kuliah.

Tata Cara Pembuatan Akun Jalur Mandiri Kemitraan Unair Gelombang 2

1. Sebelum melakukan pengisian formulir pendaftaran online, peserta diwajibkan mempunyai akun pendaftaran. Akun ini akan digunakan sebagai login untuk masuk ke dalam Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga;

2. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga pada https://pendaftaran.unair.ac.id;

3. Klik menu registrasi;

4. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan nama, nomor telpon atau handphone (HP) (disarankan HP), email, password yang diinginkan. e-mail & password ini akan digunakan untuk login;

5. Klik tombol [Registrasi], maka setelah beberapa saat peserta akan menerima email notifikasi untuk verifikasi email.

6. Proses registrasi akun pendaftaran sudah selesai, peserta hanya cukup melakukan proses ini sekali saja. Akun pendaftaran ini masih belum bisa digunakan untuk
sebelum peserta melakukan verifikasi pada email peserta;

7. Untuk melakukan verifikasi, buka inbox email Anda dan pastikan mendapat email 'Registrasi akun pendaftaran' lalu klik tulisan yang berwarna biru untuk lakukan verifikasi email.

Jadwal Seleksi Jalur Mandiri Kemitraan Unair Gelombang 2

- Pendaftaran Online: 19 - 21 Juli 2021 terakhir pukul 17.00 WIB;
- Pembayaran Biaya Seleksi: 19 - 21 Juli 2021 terakhir pukul 23.59 WIB;
- Pengumuman: 23 Juli 2021

Bagi detikers yang berminat, sila kunjungi laman resmi PPMB Unair pada https://ppmb.unair.ac.id/id/mandiri-kemitraan-2. Jadi, jangan sampai terlewat mendaftar jalur mandiri kemitraan Unair ya, detikers. Semoga berhasil!

Simak Video "Tok! Eks Pejabat Kemenkes Divonis 2 Tahun Bui atas Kasus Korupsi Alkes"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia