5 Pintu Masuk Kerja di Pertamina, Lulusan SMA SMK Juga Punya Peluang Lho

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 16 Jul 2021 18:45 WIB
Logo Pertamina di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta
Lowongan kerja di BUMN Pertamina Foto: Ari Saputra
Jakarta - Apakah kamu tertarik masuk Pertamina? Badan Usaha Milik Negara atau BUMN ini punya banyak anak usaha di bidang penambangan minyak dan gas bumi, mulai dari PT Pertamina Lubricants sampai PT Pertamina Geothermal Energy. Enggak heran, rekrutmen Pertamina selalu dicari setiap tahunnya.

Tahun ini, Pertamina Group membuka lowongan Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS Pertamina 2021 bagi lulusan S1/D4 dari berbagai jurusan pada bulan Juni lalu. Lowongan Pertamina 2021 dibuka di https://recruitment.pertamina.com/ .

Di samping menerima S1 dan D4, rekrutmen Pertamina Group juga terbuka untuk lulusan D3 sampai lulusan SMA dan SMK, lho.

Junior Officer I Pertamina Maritime Training Center Ahmad Razak Mustafa menuturkan, ada lima jalur masuk Pertamina yang bisa dicoba pelamar dari berbagai jenjang pendidikan. Lima jalur rekrutmen Pertamina yakni sebagai berikut:

1. Bimbingan Profesi Sarjana

Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS adalah jalur masuk Pertamina bagi lulusan S1 atau D4.

Tahapan BPS Pertamina 2021 yang harus dilalui para pelamar hingga diterima pada rekrutmen meliputi Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Online Test, Interview Online, Interview User & HC, Medical Check Up, Interview Top Management jika diperlukan, dan Yudisium.

Ahmad menuturkan, pelamar yang lolos BPS Pertamina akan menjalani masa pendidikan dan tes hingga ditetapkan menjadi pegawai tetap di Pertamina.

"Tidak langsung diangkat, tetapi ada masa pendidikan. Masa pendidikan ini beda dengan probation ya. Masa pendidikan diakhiri dengan tes untuk menentukan apakah ia layak jadi pegawai tetap atau tidak," kata Ahmad dalam webinar BPS Pertamina 2021 di kanal YouTube Rumah Kepemimpinan, Jumat (16/7/2021).

2. Bimbingan Praktis Ahli (BPA)

Bimbingan Praktis Ahli atau BPA Pertamina diperuntukkan bagi lulusan D3. Program BPA dibentuk untuk menyediakan para kandidat yang potensial menjadi pemimpin dan memberikan perbaikan terhadap proses dan pengembangan tools sehingga dapat mempercepat proses bisinis.

3. Bimbingan Keahlian Juru Teknik (BKJT)

Bimbingan Keahlian Juru Teknik atau BKJT Pertamina diperuntukkan bagi lulusan SMA dan SMK. Pelamar yang terpilih akan mendapatkan Pre-Employment Training (PET) dan disiapkan sebagai tenaga operator yang ahli dan profesional di bidangnya.

Ahmad mengingatkan, pelamar yang terpilih baik melalui BKJT, BPA, dan BPS tidak boleh lengah setelah dinyatakan lulus. Sebab, para pelamar selanjutnya akan menjalani pendidikan atau pelatihan yang diakhiri dengan tes untuk menentukan penetapan pegawai Pertamina.

"Jadi jangan lengah setelah itu karena masih ada tes di akhir pendidikan," kata peserta BPS 2017 tersebut.

Selanjutnya lowongan untuk lulusan SMA/SMK



Simak Video "Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia