Dokter Unair Beberkan Fakta Bawang Putih Bisa Cegah COVID-19, Benarkah?

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 18:30 WIB
Bawang Putih
Foto: iStock/Dokter Unair Beberkan Fakta Bawang Putih Bisa Cegah COVID-19, Benarkah?
Jakarta - Dokter dari Universitas Airlangga (Unair) Dr Chusnu Romdhoni membeberkan fakta terkait informasi yang beredar bahwa bawang putih bisa mencegah COVID-19. Menurutnya hal tersebut tidak direkomendasikan.

Adapun, kata dokter yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Unair untuk mencegah COVID-19, seseorang bisa mencuci hidung dengan larutan povidone iodine.

"Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine," ungkap Dr Chusnu dikutip dari siaran pers yang diterima detikEdu, Senin (19/7/2021).

Selain itu, ia juga menyoroti kabar viral penggunaan bawang putih untuk mengurangi hidung tersumbat. Baginya, hal tersebut bukan lah metode yang benar.

"Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut," tegas dia.

Redakan Sinus Pakai Bawang PutihRedakan Sinus Pakai Bawang Putih Foto: TikTok @rozalinekatherine

Pasalnya, kata Dr Chusnu, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hidung tersebut, antara lain infeksi (seperti rinitis akut, rinitis kronis), alergi (pilek alergi), hingga tumor (kanker sinus dan hidung).

Memasukkan bawang putih ke lubang hidung, sambung Dr Chusnu, justru dapat menyebabkan iritasi. Padahal, cara terbaik menyembuhkan hidung tersebut adalah pemberian obat dengan kandungan menthol.

"Mungkin penggunaan menthol lebih baik untuk melegakan hidung, seperti vicks inhaler," ungkap dia.

Sementara itu, dr Chusnu menyarankan beberapa cara untuk mencegah hidung tersumbat. Misalnya, dengan menghirup udara segar, hingga mencuci hidung dengan air bersih.

"Kalau yang normal dengan mencari udara segar, membuka jendela dan ventilasi rumah, menghindari debu atau alergen, dan mencuci hidung dengan air bersih. Untuk yang beragama Islam, ada bagian dari wudhu yang Namanya insyiqaq (menghirup air dan membuangnya sebanyak 3 kali). Bisa juga menggunakan uap hangat air atau berolahraga yang bersifat aerobic, seperti jogging, kardio, dan lain-lain," terangnya.

Tak lupa, dr Chusnu mengingatkan agar masyarakat melaksanakan pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, olahraga, menggunakan masker, dan menghindari allergen demi mencegah hidung tersumbat.

Simak Video "Indekos Hingga Kuliner di Unair yang Para Maba Harus Tahu"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia