Tes SKD Sekolah Kedinasan Dimulai, Ini Nilai Ambang Batas yang Ditetapkan

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 31 Mei 2021 11:40 WIB
Infografis sekolah kedinasan 2021
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim: Infografis sekolah kedinasan 2021
Jakarta - Hari ini, Senin (31/5/2021) pendaftar di sejumlah sekolah kedinasan 2021 akan menjalani tahap ujian seleksi kompetensi dasar (SKD). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempenpan RB) telah menetapkan standar penilaian dalam bentuk ketentuan nilai ambang batas SKD.

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021.

Menurut peraturan tersebut, SKD dalam seleksi calon aparatur sipik negara melalui skema sekolah kedinasan memiliki tiga materi soal yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Nilai kumulatif paling tinggi untuk SKD adalah 550 dengan rincian 225 untuk TKP, 175 untuk TIU, dan 150 untuk TWK. Sementara untuk nilai ambang batas, 156 untuk TKP, TIU nilai ambang batasnya 80, dan TWK dengan nilai ambang batas 65.

Nilai ambang batas tersebut harus dipenuhi oleh calon peserta seleksi dan merupakan nilai paling rendah yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi sekolah kedinasan 2021 agar dapat lolos ke seleksi tahap selanjutnya.

Namun penetapan nilai ambang batas SKD tersebut tidak berlaku untuk semua peserta seleksi. "Dikecualikan bagi peserta yang berasal dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi sebagaimana diusulkan oleh Kementerian/Lembaga penyelenggara sekolah kedinasan dan telah disetujui oleh menteri," tulis surat keputusan tersebut.

Nilai ambang batas SKD di daerah afirmasi yaitu minimal 281 dengan nilai TIU serendah-rendahnya 55. Sedangkan, untuk jumlah soal SKD 2021 pemerintah juga telah menetapkan jumlahnya yaitu toatal 110 soal. Dengan 45 butir soal TKP, 35 butir soal TIU, dan 30 butir soal TWK.

SKD Sekolah Kedinasan 2021 berlangsung pada Mei-Juni 2021 dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Peserta yang dapat mengikuti SKD 2021 adalah peserta yang lolos tahap pendaftaran, seleksi administrasi, dan sudah membayar biaya seleksi.



Simak Video "KASN Catat Ada 77 Pegawai Dilaporkan Melanggar Kode Etik"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia