UPN Veteran Jakarta Imbau Peserta UTBK Bawa Surat Negatif COVID-19

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 30 Mar 2021 16:24 WIB
Ujian tes berbasis komputer (UTBK) untuk masuk universitas digelar di UPN Veteran Jakarta. Tes tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.
Foto: Rifkianto Nugroho/UPN Veteran Jakarta Imbau Peserta UTBK Bawa Surat Negatif COVID-19
Jakarta - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta mengimbau peserta UTBK yang memilih kampus mereka sebagai lokasi ujian untuk membawa surat negatif COVID-19. Surat tersebut boleh berdasarkan hasil rapid test, swab antigen, maupun swab PCR.

"Untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN di Kampus UPNVJ memang 'disarankan' untuk melakukan rapid test terlebih dahulu untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Minimal rapid, yang penting keterangan bebas COVID (hasil rapid test, swab test, atau swab PCR)," seperti dikutip dari keterangan Humas UPN Veteran Jakarta pada detikEdu, Selasa (30/3/2021).

Hanya saja hingga kini belum diputuskan apakah peserta wajib membawa surat negatif COVID-19 saat ujian nanti. UPN Veteran Jakarta masih melakukan pembahasan terkait hal tersebut dengan dengan Satgas COVID-19 Kota Depok dan Jakarta Selatan.

Dengan begitu, membawa surat negatif COVID-19 bagi peserta UTBK UPN Veteran Jakarta merupakan imbauan jika memungkinkan dilakukan oleh para peserta,

"Untuk wajib atau tidaknya UPNVJ masih menunggu masukan dari Satgas Covid daerah Depok dan Jakarta Selatan. Kami memang menyarankan untuk membawa surat rapid jika memungkinkan bagi peserta," terang dia.

Humas UPN Veteran Jakarta dalam keterangannya juga memastikan bahwa UTBK SBMPTN 2021 nanti akan dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat, seperti pengukuran suhu tubuh.

"Pada saat hari H pelaksanaan ujian, di UPNVJ pun tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti mengukur suhu dan lain-lain."

Sebelumnya, sebagai informasi membawa surat negatif COVID-19 telah menjadi salah satu syarat bagi peserta UTBK di Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Keputusan tersebut diambil setelah berdiskusi dengan satgas COVID setempat.

Simak Video "Denpasar dan 5 Daerah Lainnya Masuk Zona Merah Covid-19 Minggu Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia