UI Wajibkan Peserta UTBK Bawa Hasil Negatif Swab Antigen

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 30 Mar 2021 10:35 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO/UI Wajibkan Peserta UTBK Bawa Hasil Negatif Swab Antigen
Jakarta - Universitas Indonesia (UI) mewajibkan peserta ujian UTBK SBMPTN 2021 yang memilih lokasi ujian di PTN tersebut untuk membawa hasil swab antigen dengan hasil negatif COVID-19. Hal ini menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian di kampus tersebut.

Terkait hal itu, Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menjelaskan, para peserta harus membawa hasil swab test yang masih berlaku dengan maksimal waktu pengambilan tes H-3 jadwal ujian.

"Selain itu, dapat kami informasikan bahwa peserta UTBK di Universitas Indonesia akan diwajibkan membawa dan menunjukkan hasil negatif pemeriksaan swab antigen yang masih berlaku maksimal H-3 jadwal ujian," jelas dia kepada detikEdu, Selasa (30/3/2021).

Adapun, dicontohkan maksud hasil swab antigen yang masih berlaku H-3 ujian adalah jadwal ujian peserta 12 April 2021, maka hasil swab antigen yang diambil pada 9 April 2021 diperbolehkan.

"Dan untuk tanggal sebelumnya (sebelum tanggal 9 April) tidak berlaku," ungkap dia.

Sebelumnya, Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menjelaskan bahwa ketentuan wajib atau tidaknya membawa hasil swab test antigen adalah hasil keputusan dari pusat UTBK dan Satgas COVID-19 setempat.

"Yang mengatur prasyarat terkait protokol kesehatan COVID-19 adalah pusat UTBK dan satgas COVID daerah," jelas dia, Minggu (28/3/2021).

Senada dengan itu, Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan persyaratan membawa surat bebas COVID-19 diatur berdasarkan pertimbangan satgas COVID setempat dan tidak diatur LTMPT sebagai penyelenggara ujian.

"LTMPT tidak mengatur. LTMPT dan pusat UTBK atau PTN harus mengikuti ketentuan satgas pencegahan COVID-19 setempat," tutup dia.



Simak Video "Pemuda di Yogya Nekat Jambret Demi Bayar Swab Antigen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia