Waktu Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Bakal Diperpanjang? Ini Kata LTMPT

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 29 Mar 2021 15:55 WIB
Infografis cara mengisi LTMPT untuk sekolah dan siswa
Foto: Denny putra/detikcom/Waktu Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Bakal Diperpanjang? Ini Kata LTMPT
Jakarta - Waktu pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 akan ditutup pada 1 April 2021 atau tiga hari lagi. Namun sayang, masih banyak calon peserta yang belum berhasil mendaftar karena terkendala pemilihan lokasi ujian atau pusat UTBK.

Pusat UTBK di Jakarta sendiri sudah habis. Hal itu pun membuat para calon peserta domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bingung harus memilih lokasi ujian di mana.

"pls ini kursi utbk jakarta ditambah jam brp udah ngecek tiap jam univnya masih ilang trs gak fokus belajar jadinya..." tweet @takoyakiesse.

"kampus sekitar jabodetabek apa ajasiii gue belom dapet kursi utbk panikkkk helppp," keluh @qian9k di Twitter.

Lantas, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bakal memperpanjang jadwal UTBK SBMPTN 2021 nggak ya?

Menurut Direktur Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo untuk saat ini pihaknya belum ada rencana memperpanjang waktu pendaftaran. Namun, LTMPT akan melakukan evaluasi proses pendaftaran jelang penutupan.

"Sementara belum (memperpanjang waktu pendaftaran UTBK SBMPTN), nanti dekat penutupan akan kita evaluasi dulu," kata pria yang juga merupakan guru besar di UGM ini.

LTMPT sendiri berencana menambah kuota kursi UTBK di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), serta Universitas Soedirman (Unsoed). Hanya saja hingga kini belum bisa dipastikan berapa banyak kuota tambahan yang akan dibuka.

Sebab, keputusan bisa atau tidaknya penambahan kursi UTBK ditentukan sendiri oleh pusat UTBK atau PTN yang berwenang.

"Khusus Jakarta kita baru berusaha untuk menambah kuota agar bisa membantu siswa yang berada di Jakarta dan belum mendaftar," ujar Budi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ Suyono yang telah dihubungi detikEdu mengatakan bahwa pihaknya akan bermitra dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah serta Universitas Muhammadiyah Jakarta guna menambah kuota kursi UTBK 2021.

Suyono menuturkan pihaknya masih akan memeriksa ketersediaan komputer pada instansi tersebut. Bila semua bisa digunakan, maka akan ada lebih dari 3.000 kuota tambahan yang bisa diberikan untuk kursi UTBK SBMPTN 2021.

"Kami sudah mendapat mitra, cuma sedang dicek lagi kondisi komputernya. Kami juga komunikasikan dengan UMJ. Jika seluruh komputer dari mitra UNJ dapat digunakan untuk UTBK, maka bisa melayani 3 ribu lebih," terang pria yang telah bergelar profesor ini.

Sementara itu, pelaksanaan UTBK SBMPTN akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I akan dilaksanakan mulai tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang II berlangsung pada tanggal 26 April - 2 Mei 2021.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia