LTMPT Bakal Tambah Kursi di Pusat UTBK UI, UNJ, IPB, dan Unsoed

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 29 Mar 2021 10:00 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)/LTMPT Bakal Tambah Kursi di Pusat UTBK UI, UNJ, IPB, dan Unsoed
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berencana menambah kursi UTBK SBMPTN 2021. Hal ini akan dilakukan di empat pusat UTBK, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Menurut Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo hal ini dilakukan guna membantu para calon peserta untuk mendaftar. Pasalnya, saat ini masih banyak peserta yang tidak mendapatkan bangku UTBK.

"Khusus Jakarta kita baru berusaha untuk menambah kuota agar bisa membantu siswa yang berada di Jakarta dan belum mendaftar," kata dia kepada detikEdu, Senin (29/3/2021).

Adapun, ia menjelaskan bahwa pihaknya akan berusaha semakismal mungkin untuk menambah kuota kursi UTBK. Sebab, saat ini keputusan dapat atau tidaknya menambah kursi dilakukan oleh pusat UTBK atau PTN sendiri.

Oleh karena itu, LTMPT belum bisa menyampaikan berapa jumlah pasti kuota kursi yang akan ditambah untuk UTBK SBMPTN 2021 ini.

"Sedang usaha bersama UI dan UNJ. Unsoed Purwokerto juga akan ditambah. Plus IPB juga kita minta. Tapi baru diusahakan maksimal, kalau jumlah belum bisa sampaikan," sambung Budi.

Selain itu, ia juga memastikan saat ini kursi UTBK di daerah-daerah masih banyak yang kosong, Sebab, setiap daerah memiliki perbedaan jumlah peminat serta daya tampung.

"Daerah lain masih tersdia melimpah, misal Surabaya, Yogya, Bandung, luar Jawa tambah masih banyak," papar pria yang juga menjabat sebagai Guru Besar di UGM ini.

Sementara itu, LTMPT mengaku akan melakukan evaluasi terkait waktu pendaftaran. Sebab, untuk diketahui waktu pendaftran akan berakhir di tanggal 1 April atau tiga hari lagi.

"Sementara belum (memutuskan memperpanjang waktu pendaftaran UTBK SBMPTN 2021). Nanti dekat penutupan akan kita evaluasi dulu," tutup dia.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia