Hore! UNJ Bakal Tambah 3 Ribu Kursi UTBK untuk Peserta di Jakarta

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 29 Mar 2021 10:30 WIB
Kampus UNJ Dok: Situs resmi UNJ
Foto: Kampus UNJ Dok: Situs resmi UNJ/Hore! UNJ Bakal Tambah 3 Ribu Kursi UTBK untuk Peserta di Jakarta
Jakarta - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu pusat UTBK yang menambah kursi UTBK SBMPTN 2021. Rencananya, bakal ada lebih dari 3 ribu kursi yang disediakan.

Menurut Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo pihak UNJ telah memberikan kabar terkait penambahan kursi UTBK. Untuk rencana itu, UNJ akan bekerja sama dengan UIN sebagai mitra lokasi ujian.

Adapun, jumlah kursi UTBK tambahan yang dilaporkan UNJ kepada LTMPT sebanyak 3.276. Hal ini berdasarkan jumlah personal computer (PC) sebanyak 117 dan waktu penggunaan sebanyak 28 sesi.

"Yang sudah beri kabar UNJ kerja sama dengan mitra UIN tersedia PC 117, kalau dipakai 28 sesi maka sudah tersedia 3.276," jelas dia saat berbincang dengan detikEdu, Senin(29/3/2021).

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ Suyono mengatakan bahwa pihaknya akan bermitra dengan Universitas Islam Negeri (UIN) serta Universitas Muhammadiyah Jakarta guna menambah kuota kursi UTBK 2021.

Namun, pihaknya akan kembali memeriksa kesediaan komputer pada instansi tersebut. Bila semua bisa digunakan, maka akan ada lebih dari 3.000 kuota yang diberikan untuk kursi UTBK SBMPTN 2021.

"Kami sudah mendapat mitra, cuma sedang dicek lagi kondisi komputernya. Kami juga komunikasikan dengan UMJ. Jika seluruh komputer dari mitra UNJ dapat digunakan untuk UTBK, maka bisa melayani 3 ribu lebih," terang pria yang telah bergelar profesor ini.

Sementara itu, LTMPT juga tengah mengajak Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Soedirman (Unsoed) untuk menambah kursi UTBK SBMPTN 2021. Harapannya, penambahan kursi bisa dilakukan segera dan membantu para peserta mendaftar.

Sebab, untuk diketahui masih banyak peserta, khususnya dari Jakarta yang mengeluh tak bisa mendaftar karena kehabisan lokasi untuk ujian atau pusat UTBK.

"Khusus Jakarta kita baru berusaha untuk menambah kuota agar bisa membantu siswa yang berada di Jakarta dan belum mendaftar (UTBK SBMPTN)," ungkap Budi.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia