LTMPT Akhirnya Izinkan Peserta Pilih Pusat UTBK SBMPTN 2021 di Luar Domisili

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 28 Mar 2021 18:00 WIB
Ujian SMBPTN di Universitas Indonesia

Sejumlah calon mahasiswa mengikuti tes tertulis pada Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Selasa (31/05/2016). SMBPTN secara nasional dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia diikuti 721.314 calon mahasiswa memperebutkan 99.223 kursi di 78 Perguruan Tingi Negeri. Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Grandyos Zafna/LTMPT Akhirnya Izinkan Peserta Pilih Pusat UTBK SBMPTN 2021 di Luar Domisili
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya mengizinkan peserta UTBK SBMPTN 2021 memilih pusat UTBK di luar domisili. Sebelumnya, dalam informasi "Petunjuk Pemilihan Pusat UTBK" yang dikeluarkan di akun resmi instagram LTMPT, peserta diwajibkan untuk memilih lokasi ujian sesuai domisili.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Humas LTMPT 2021 Ismaini Zain. Menurutnya, peserta ujian boleh memilih pusat UTBK di luar domisili asal dekat dan mudah dijangkau.

"Intinya bebas (pilih pusat UTBK). Ya tinggal dicari pusat UTBK terdekat yang paling mungkin dijangkau," ungkap dia kepada detikEdu, Minggu (28/3/2021). Aturan ini sendiri berlaku, bila lokasi pusat UTBK peserta di domisili sendiri penuh.

Sementara terkait kebijakan yang mengharuskan peserta memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili menurut Ismaini didasari pertimbangan kondisi pandemi COVID-19 yang belum juga usai.

"Harus memilih lokasi pusat UTBK terdekat dengan domisili, terutama karena kondisi pandemi," ujar Ismaini yang juga pengajar di Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Jawa Timur.

Untuk diketahui, para peserta UTBK SBMPTN saat ini mengaku masih sulit mencari pusat UTBK SBMPTN di domisili sendiri karena penuh. Akibatnya, banyak dari mereka yang bingung terkait pendaftaran.

"@ltmptofficial tolong dong pak buk responsnya buat kuota pusat utbk di jakarta... masa yang tinggal di jakarta malah banyak yg ga dapet hadeeh," tulis @hoesadssy di Twitter.

"Hingga saat ini anak saya blm berhasil registrasi seat tdk ada di pusat UTBK terdekat domisili : UI, UPN Jkt, UNJ, dan IPB. Mohon ada arahan segera dari LTMPT agar tdk kehilangan waktu," tulis @n_irsad kepada Twitter resmi LTMPT.

Sebelumnya, LTMPT merilis pernyataan dalam akun Instagram resminya bahwa peserta harus memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili. Hal ini demi mencegah mobilisasi antarkota/provinsi.

"Sehubungan dengan masa Pandemi COVID-19, peserta UTBK-SBMPTN 2021 HARUS MEMILIH PUSAT UTBK TERDEKAT DENGAN DOMISILI di mana peserta sekarang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi," bunyi informasi tersebut.

LTMPT juga mengingatkan, bahwa kesalahan dalam memilih pusat UTBK menyebabkan peserta tidak diperbolehkan mengikuti UTBK SBMPTN 2021.

"RESIKO MENJADI TANGGUNG JAWAB PESERTA apabila kesalahan pemilihan Pusat UTBK menyebabkan peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti UTBK-SBMPTN 2021," jelas informasi tersebut.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia