Peserta UTBK Mengaku Tidak Dapat Kursi, LTMPT Ingin Tambah Kuota di UI dan UNJ

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 28 Mar 2021 17:03 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)/Peserta UTBK Mengaku Tidak Dapat Kursi, LTMPT Ingin Tambah Kuota di UI dan UNJ
Jakarta - Sejumlah peserta UTBK SBMPTN 2021 asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mengaku tidak mendapat kursi di pusat UTBK domisili. Mereka pun bingung harus memilih lokasi ujian.

Pasalnya, jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 hanya dibuka sampai 1 April 2021 mendatang. Artinya, sisa waktu peserta untuk mendaftar tinggal 4 hari lagi.

"Hingga saat ini anak saya blm berhasil registrasi seat tdk ada di pusat UTBK terdekat domisili : UI, UPN Jkt, UNJ, dan IPB. Mohon ada arahan segera dari LTMPT agar tdk kehilangan waktu," tulis akun bernama @n_irsad kepada Twitter resmi LTMPT.

"Selamat siang @ltmptofficial kapan ya kursi pusat utbk jabodetabek ditambahkan? Sudah hampir penutupan pendaftaran kan. Mohon secepatnya ditindak lanjuti #KURSIUTBK," tulis @yangpentingh3pi di Twitter.

Terkait hal itu, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan saat ini tengah mencari solusi permasalahan tersebut. LTMPT merencanakan penambahan kursi di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Hanya saja, menurut Budi hal tersebut baru bisa dijalankan bila pihak perguruan tinggi terkait memberi kesanggupan dilakukan penambahan kuota kursi ujian UTBK SBMPTN 2021.


DetikEdu berusaha mendapatkan tanggapan terkait rencana penambahan kuota kursi UTBK SBMPTN 2021 dari pihak Universitas Indonesia melalui Kantor Humas dan KIP UI. Namun Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Amelita Lusia belum memberi tanggapan.

"Baru dicarikan solusi kemungkinan menambah kursi bila UI dan UNJ bisa mengusahakan," kata guru besar Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta itu kepada detikEdu, Minggu (28/3/2021).



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia