Penyebab Gagal Ikut UTBK SBMPTN 2021:Salah Pilih Pusat UTBK Sesuai Domisili

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 26 Mar 2021 13:00 WIB
Suasana UTBK hari pertama di Untidar Magelang
Salah pilih pusat UTBK dalam SBMPTN 2021 bisa membuat peserta gagal ikut. (UTBK 2020 di Untidar Magelang dok. humas Untidar)
Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mewajibkan peserta UTBK-SBMPTN 2021 memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili. Hal ini untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi.

LTMPT memberi peringatan pada peserta UTBK-SBMPTN 2021 bahwa kesalahan memilih pusat UTBK yang sesuai domisili tersebut dapat menyebabkan peserta tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021. "Resiko menjadi tanggung jawab peserta," seperti yang dikutip dari akun Instagram resmi LTMPT.

Berikut adalah petunjuk pemilihan pusat UTBK dan konsekuensi memilih pusat UTBK pada saat pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 yang dilansir dari akun instagram LTMPT:

1. Apabila peserta telah sukses mendaftar UBTK SBMPTN 2021, maka peserta akan mendapatkan lokasi dan ruang ujian di Pusat UTBK. Peserta tinggal memilih tanggal, hari, dan sesi ujian. Peserta dapat mengecek di Kartu Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021.

2. Peserta harus datang ke pusat UTBK saat pelaksanaan UTBK. peserta harus memastikan bahwa dapat melaksanakan ujian di Pusat UTBK yang sudah dipilih.

3. Pemilihan Pusat UTBK tidak berhubungan dengan PTN yang menjadi tujuan.

Alur Memilih Pusat UTBK

Berikut adalah penjabarannya:

1. Peserta akan mendapatkan tampilan halaman dengan kotak yang berisi pesan bahwa peserta harus memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili peserta tinggal. Selanjutnya adalah mengklik tombol YA, SAYA MENGERTI untuk dapat memilih pusat UTBK.

2. Peserta selanjutnya dapat melihat data diri yang berisi Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, NISN, NPSN,Sekolah, Nomor KIP Kuliah, Status Kebutuhan Khusus, dan Kelompok Ujian Peserta.

3. Di bawah halaman Memilih Pusat UTB, peserta dapat memilih Pusat UTBK dengan daftar drop-down yang tersedia. Peserta perlu memperhatikan bahwa harus memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi.

4. Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK sudah tepat dan benar, maka peserta dapat menekan tombol SIMPAN DAN LANJUTKAN.

Perhatikan baik-baik selalu petunjuk pemilihan pusat UTBK-SBMPTN 2021 agar dapat mengikuti ujian dengan tenang. Jangan lupa membaca petunjuk dengan teliti ya pejuang SBMPTN! (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia