Lolos SNMPTN 2021 Tapi Tidak Diambil, Ini Risikonya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 26 Mar 2021 09:30 WIB
Pengumuman SNMPTN 2021
Foto: LTMPT/Lolos SNMPTN 2021 Tapi Tidak Diambil, Ini Risikonya
Jakarta - Pengumuman SNMPTN 2021 sudah bisa diakses para peserta mulai Senin (22/3/2021). Peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2021 wajib melakukan daftar ulang di PTN penerima, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Peserta SNMPTN 2021 umumnya berharap bisa lolos dan masuk universitas pilihan. Sayangnya, ada saja peserta yang tidak daftar ulang meski lolos SNMPTN 2021. Terkait hal ini, LTMPT telah menyampaikan peringatan.

"Kalau sudah diterima di SNMPTN, nggak bisa lagi diterima di SBMPTN atau UTBK untuk tes," ujar Wakil Ketua I LTMPT Samsul Rizal dalam Peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2021 pada Senin (4/1/2021).

Risiko lolos SNMPTN 2021 namun tidak diambil juga dijelaskan Ketua LTMPT Mohammad Nasih. Risiko ini terkait peluang mendaftarkan diri di sekolah kedinasan. LTMPT dan sekolah kedinasan telah menjalin kerja sama.

Nasih menjelaskan, sekolah kedinasan menggunakan UTBK sebagai salah satu syarat pendaftaran 2021. Jika peserta tidak melakukan UTBK, maka LTMPT tak bisa mengirimkan nilai yang diperlukan untuk syarat masuk.

"Kedinasan sudah meminta data pada kami dan di dalam sistem tidak dimungkinkan sudah diterima mengikuti tes lagi. Artinya, tidak ada nilaui UTBK yang bisa dikirimkan ke sekolah kedinasan tersebut," kata Nasih.

Dengan risiko ini, Nasih dalam keterangan yang disampaikan lewat channel YouTube LTMPT OFFICIAL meminta siswa berpikir matang sebelum ikut SNMPTN 2021. Jika tidak akan diambil maka sebaiknya jangan ikut SNMPTN.

"Tolong ada pengertian yang ingin sekolah kedinasan jangan ambil SNMPTN. Buat yang ingin ke luar negeri juga jangan ambil SNMPTN," kata Nasih.

Kursi SNMPTN 2021 yang kosong karena ditinggalkan penerimanya tidak mungkin digantikan orang lain. Karena itu, peluang dalam SNMPTN 2021 sebaiknya hanya diambil siswa yang benar-benar akan kuliah di PTN dan prodi penerima.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia