IDAI Paparkan Sejumlah Prokes dan Rekomendasi Terkait PTM di Sekolah

IDAI Paparkan Sejumlah Prokes dan Rekomendasi Terkait PTM di Sekolah

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 25 Agu 2022 17:30 WIB
Aktivitas belajar mengajar di SDN 065 Cihampelas Bandung, Jawa Barat, Senin (7/2/2022). Pemerintah Kota Bandung kembali melakukan pengetatan aktivitas masyarakat termasuk pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi 50 persen guna mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah.  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 telah diterapkan oleh Pemerintah untuk seluruh wilayah Indonesia melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 38 Tahun 2022 dan Instruksi Mendagri Nomor 39 Tahun 2022.

Pada peraturan tersebut, dijabarkan terkait kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan selama berlangsungnya PPKM level 1, salah satunya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi institusi pendidikan. Selain PTN, pembelajaran juga bisa dilakukan melalui PTM ataupun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 dijelaskan tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Isinya mengenai pembaharuan tentang lintas sektor dengan mempertimbangkan hasil penilaian situasi pandemi dengan melibatkan pakar pendidikan dan epidemiologi. Dalam kaitannya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan keselamatan dan kesehatan anak adalah prioritas utama yang harus dilakukan, terutama selama masa pandemi.

7 Protokol Kesehatan yang Wajib Diterapkan Selama PTM

Bersamaan dengan itu, IDAI menjabarkan sejumlah fokus protokol kesehatan (prokes). Terdapat tujuh prokes yang harus dijalani selama berlangsungnya kegiatan PTM, yaitu:

1. Penggunaan masker wajib untuk anak berusia di atas 2 tahun

2. Menjaga ventilasi atau aliran udara yang adekuat

3. Mencuci tangan

4. Menjaga jarak

5. Tidak membuka masker pada situasi yang tidak dapat menjaga jarak

6. Menerapkan proses makan dan ibadah di sekolah yang aman

7. Menerapkan penerapan kantin sekolah yang aman

Sejumlah Rekomendasi Selama Kegiatan PTM Berlangsung

Selain itu, IDAI juga memberikan beberapa rekomendasi saat kegiatan PTM berjalan, yaitu:

1. Orang tua memiliki hak memilih

Menurut IDAI, setiap orang tua memiliki hak untuk memilih metode pembelajaran yang tepat untuk anaknya. Entah itu melakukan pembelajaran PJJ ataupun PTM.

2. Penyesuaian durasi dan metode belajar

Saat pandemi Covid-19, potensi learning loss atau ketertinggalan pelajaran sifatnya adalah individual. Maka dari itu, diperlukan penyesuaian durasi dan metode pembelajaran yang tepat untuk setiap anak.

Masih ada beberapa rekomendasi lain dari IDAI yang bisa dijadikan pertimbangan dalam pembelajaran PTM. Selengkapnya bisa dibaca di sini.



Simak Video "Cara Deteksi Dini Gangguan Ginjal Akut pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia