Mas Menteri Titip 3 Prioritas Kampanye Sekolah Sehat, Guru Catat Ya!

Mas Menteri Titip 3 Prioritas Kampanye Sekolah Sehat, Guru Catat Ya!

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 24 Agu 2022 09:30 WIB
Nadiem Makarim dukung Revitalisasi UKS melalui Kampanye Sekolah Sehat
Kampanye Sekolah Sehat. (Foto: Kemendikbudristek)
Jakarta -

Kemendikbudristek kembali meluncurkan program Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Sekolah Sehat. Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak pemerintah, sekolah, dan seluruh pemangku kepentingan untuk menjadikan UKS sebagai media promosi kesehatan sekolah.

"Mari bergotong royong untuk merevitalisasi UKS melalui kampanye Sekolah Sehat dalam mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter," ajak Nadiem melalui keterangan resminya, Selasa (23/8/2022).

Nadiem mengatakan bahwa dengan dimulainya kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM), satuan pendidikan perlu memperhatikan kembali kondisi kesehatan anak. Dengan mencukupi gizi dan kesehatan, menurutnya, anak dapat belajar dengan lebih optimal.

Nadiem menjelaskan ada tiga prioritas yang perlu dicapai melalui kampanye Sekolah Sehat, apa saja?

3 Prioritas Kampanye Sekolah Sehat

1. Sehat Bergizi

Sehat bergizi diperoleh dengan memberikan pemahaman gizi seimbang pada siswa. Selain itu, baik sekolah maupun orang tua juga perlu menghindari atau membatasi konsumsi makanan dan minuman cepat saji, berpemanis, pengawet, kurang serat, tinggi gula, garam dan lemak. Selain itu, Nadiem berpesan agar kantin sekolah menyajikan makanan yang bergizi melalui Kantin Sehat.

2. Sehat Fisik

Kedua adalah sehat fisik. Untuk mencapai sehat fisik, siswa perlu dibiasakan untuk berolahraga secara teratur. Sekolah bisa mencoba Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) seminggu sekali, melakukan gerakan peregangan saat pergantian jam pelajaran, optimalisasi Lompat, Lari, Lempar, Loncat (4L) melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional pada jam istirahat, optimalisasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler olahraga, serta dengan melakukan pembiasaan jalan kaki.

3. Sehat Imunisasi

Terakhir, Nadiem berpesan agar sekolah melakukan pemetaan status imunisasi hingga pelaksanaannya kepada siswa.

"Pada sehat imunisasi, ada tiga hal yang bisa dilakukan yaitu pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi usia sekolah," pungkas Mendikbudristek.

Itulah tiga prioritas Kampanye Sekolah Sehat dari Mas Menteri. Guru, orang tua, maupun siswa, yuk sama-sama menerapkan pola hidup sehat di sekolah.



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia