Angin Muson: Pengertian, Jenis, dan Proses Terjadinya

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 13:30 WIB
Prakiraan cuaca besok 30 Juli 2022 sudah dirilis oleh BMKG. Informasi prakiraan cuaca di bawah ini berlaku untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Ilustrasi awan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Thithawat_s)
Jakarta -

Angin muson adalah angin yang berhembus secara periodik dan berganti arah setiap setengah tahun sekali. Angin ini dibedakan menjadi dua yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Apa bedanya?

Sebelumnya, kita pahami dulu apa itu angin. Angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi (maksimum) ke daerah bertekanan rendah (minimum). Besarnya kecepatan angin dapat diukur dengan alat yang dinamakan anemometer.

Angin sendiri dibedakan menjadi angin tetap, lokal dan angin muson. Kali ini kita akan membahas tentang angin muson.

Pengertian Angin Muson

Angin muson atau angin musim adalah angin yang bertiup atau berhembus dalam periode tertentu. Arah angin akan berganti setiap setengah tahun sekali.

Pada setengah tahun pertama, angin yang berhembus adalah angin kering dari Benua Australia yang lebih kering. Sedangkan setengah tahun terakhir akan berhembus angin yang menyebabkan musim penghujan dari Benua Asia.

Jenis Angin Muson

Angin muson dibagi menjadi angin muson barat dan angin muson timur. Berikut penjelasannya menurut Modul Geografi kelas 10 oleh Agus Pratomo.

1. Angin Muson Barat

Angin muson barat berhembus pada setengah tahun terakhir, yakni pada bulan Oktober hingga bulan April.

Asal angin muson barat berasal dari belahan bumi selatan terutama Australia. Benua Australia menerima lebih banyak panas matahari. Sehingga suhu akan lebih tinggi dengan tekanan udara rendah, sedangkan suhu di dataran Asia rendah menghasilkan tekanan udara yang lebih tinggi.

Ingat, angin berhembus dari wilayah dengan tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah. Angin dari Asia yang banyak membawa uap air akan berhembus ke dataran Australia. Menyebabkan Indonesia memasuki musim penghujan.

2. Angin Muson Timur

Angin muson timur terjadi antara pada setengah tahun pertama, yaitu bulan April sampai Oktober.

Pada periode ini, matahari berada pada belahan Bumi bagian utara, terutama bagian Asia yang banyak menerima pemanasan matahari. Akibatnya suhu di benua Asia akan tinggi dengan tekanan udara rendah, sedangkan di benua Australia rendah dengan tekanan udara tinggi.

Angin akan bergerak dari Australia menuju Asia. Menyebabkan Indonesia melewati musim kemarau akibat angin yang membawa sedikit uap air.

Angin muson ini adalah akibat dari lokasi Indonesia yang diapit oleh dua Samudra dan dua Benua, yakni Samudra Hindia dengan Samudra Pasifik dan Benua Asia dengan Benua Australia.

Itulah pengertian, jenis, serta proses terjadinya angin muson. Mudah dipahami kan, detikers?



Simak Video "BMKG Prediksi Musim Kemarau Terjadi Pada Bulan April"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia