Indonesia Terletak di Antara Dua Samudra dan Dua Benua, Ini Infonya

Kristina - detikEdu
Kamis, 03 Jun 2021 12:30 WIB
peta indonesia
Foto: istimewa
Jakarta -

Indonesia adalah negara yang berada di posisi strategis. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Apa saja?

Kekayaan alam yang dimiliki bumi pertiwi ini ternyata tak lepas dari letak geografis Indonesia. Banyaknya gunung berapi dapat membuat tanah subur dan ditumbuhi beraneka ragam jenis tumbuhan.

Letak geografis suatu negara dilihat dari kenyataan pada permukaan bumi. Dikutip dari buku Cakrawala Geografi 2 oleh Munawir dkk, Indonesia adalah negara kepulauan terluas di dunia. Bahkan, Indonesia terletak pada kawasan yang strategis.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Posisi tersebut berpengaruh pada berbagai hal.

Setidaknya ada 3 hal yang dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia. Antara lain sebagai berikut:

1. Indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia. Hal ini dilihat dari posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra
yang menjadi jalur perdagangan internasional.

2. Indonesia mengalami iklim muson yang dipengaruhi daratan Benua Asia dan Benua Australia yang dipisahkan oleh khatulistiwa. Itulah mengapa hanya ada dua musim yang terjadi di Indonesia yaitu musim kemarau dan penghujan. Keduanya saling bergantian setiap 6 bulan sekali. Di antara kedua musim tersebut terdapat masa pancaroba, yaitu masa peralihan dari satu musim ke musim lainnya.

3. Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar. Adanya lalu lintas jalur laut mengakibatkan banyak kapal asing yang berlabuh ke Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya proses percampuran suku bangsa dan budaya.

Berdasarkan batas negara, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra. Antara lain sebagai berikut:

1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik di sebelah utara.

2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafuru.

3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

4. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Demikianlah informasi tentang Indonesia terletak di dua samudra. Secara keseluruhan, posisi geografis Indonesia dipengaruhi oleh letak astronomis, letak geografis, letak geologis, letak maritim, letak ekonomis, dan letak kultur historis.



Simak Video "Jakarta yang Akhir-akhir Ini Lebih Dingin dari Biasanya"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia