Intip 4 Keunggulan Pilih SMK, Bukan Cuma Bisa Langsung Kerja Lho!

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 22 Jun 2022 13:00 WIB
Ilustrasi siswa SMK
Ilustrasi siswa SMK. Apa saja keunggulan bersekolah di SMK ya? (Dok. Kemendikbudristek)
Jakarta -

Tahun ajaran akan segera berakhir, saatnya mempersiapkan diri menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagi siswa lulusan sekolah menengah, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mungkin bisa menjadi pilihan studi di samping Sekolah Menengah Atas (SMA).

SMK sendiri sebetulnya memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa jadi belum banyak diketahui secara luas. Mengutip media sosial Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, simak beberapa keunggulan memilih SMK sebagai jenjang untuk melanjutkan studi.

4 Keunggulan Pilih SMK

1. Pilihan Bidang yang Beragam

Pilihan bidang di SMK sangat beragam. Saat ini, di Indonesia, ada 9 bidang keahlian dengan 49 program keahlian dan 146 kompetensi.

9 bidang keahlian tersebut yaitu Pariwisata, Kemaritiman, Agribisnis dan Agroteknologi, Seni dan Ekonomi Kreatif, Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Energi dan Pertambangan, Teknologi Konstruksi dan Properti, serta Teknologi dan Rekayasa.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan jurusan yang ingin dipilih, pastikan jurusan tersebut sudah sesuai passionmu. Jangan lupa juga untuk melakukan riset mandiri terkait apa-apa saja yang akan dipelajari nantinya.

2. Ada Pembekalan Kewirausahaan

Banyak program di SMK yang dapat mengembangkan jiwa entrepreneur kamu. Sebagai contoh, adanya program SMK Pencetak Wirausaha (SPW) yang pelaksanaannya dalam bentuk pembelajaran berbasis proyek dan teaching factory.

Teaching factory adalah pembelajaran dengan mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri. Biasanya, teaching factory dilakukan sesuai dengan yang terjadi di industri.

3. Bisa Langsung Kerja

Keunggulan SMK yang satu ini sudah umum diketahui. Banyak lulusan SMK yang langsung bekerja, terlebih dengan adanya program 'link and match 8+i' dan sertifikasi kompetensi yang menjadikan kurikulum antara SMK dan dunia industri semakin klop.

Untuk itulah, lulusan SMK diharapkan dapat langsung terserap di dunia kerja.

4. Punya Peluang ke PT

Kalau biasanya lulusan SMK disebut memiliki peluang yang minim untuk masuk ke perguruan tinggi, hal itu salah besar. Lulusan SMK mempunyai kesempatan yang sama dengan lulusan SMA untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Bahkan, kompetensi yang diperoleh lulusan SMK semasa sekolah akan lebih memudahkan pembelajaran yang diikuti di perguruan tinggi. Jadi, tertarik pilih SMK?



Simak Video "Viral Pelajar SMK di Medan Dikeroyok Sejumlah Pemuda"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia