5 SMK Jurusan Animasi Ini Sudah Go Internasional, Intip Daftarnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 30 Mei 2022 15:31 WIB
Proses pembuatan film animasi di SMK RUS Kudus, Selasa (5/1/2021).
SMK RUS KUDUS. Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Jakarta -

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Siswa sejumlah SMK di Indonesia bisa menghasilkan karya luar biasa dan berhasil memenangkan kompetisi internasional.

Salah satu jurusan SMK yaitu adalah animasi. Tidak hanya itu animasi juga menjadi tren pekerjaan yang diincar oleh generasi Z.

Bagi detikers yang dari sudah mengincar dan memiliki minat dalam animasi, ada beberapa SMK berikut ini yang sudah go international.

Lantas SMK mana saja itu? Berikut daftarnya yang dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud:

Lantas SMK mana saja itu? Berikut daftarnya yang dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud:

Rekomendasi SMK Jurusan Animasi

1. SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus

SMK RUS memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang para siswanya. Fasilitas tersebut diberikan agar para siswanya mampu bersaing global.

Fasilitas SMK RUS mencakup tempat produksi film, bioskop mini, hingga studio musik. Beberapa karya dari SMK ini juga telah diakui internasional seperti Unstring Your Heart, Googoo Galaxy, dan Sabda Alam.

2. SMKN 4 Madiun

Salah satu siswa dari SMKN 4 Madiun berhasil mendirikan perusahaan animasi berskala internasional. Walaupun jurusan animasi ini masih terbilang baru, SMKN 4 Madiun berhasil memiliki lulusan dengan SDM yang berkualitas.

Iksan alumni SMKN 4 Madiun berhasil mendirikan agensi yang memiliki klien dari Eropa. Hal ini menjadi bukti adanya keberhasilan pembelajaran siswa SMK jurusan animasi.

3. SMKN 1 Ciomas

SMK jurusan animasi lainnya adalah SMKN 1 Ciomas. Beberapa siswa dari SMK ini telah memenangkan penghargaan secara nasional.

Animasi berjudul Rempah karya M. Fathan Fadlurrahman berhasil meraih juara 1 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Ada juga animasi berjudul Lilly The Little Hope yang berhasil menjuarai kompetisi tingkat nasional.

4. SMKN 4 Malang

SMKN 4 Malang juga masuk ke dalam rekomendasi SMK dengan jurusan animasi terbaik. Siswa-siswanya berhasil menjuarai kompetisi tingkat Asia Tenggara pada perhelatan Southesast Asia Creative Camp 2018.

Mereka menyabet juara satu pada film animasi yang berjudul Calon Arang. Film tersebut bertemakan keluarga dan kepahlawan dari budaya Bali.

5. SMK Taruna Bhakti Depok

SMK Taruna Bhakti Depok memiliki jurusan baru yaitu animasi. Walaupun jurusan ini masih baru, para siswanya telah banyak memenangkan kompetisi tingkat nasional.

SMK ini juga telah bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang bergerak di bidang animasi, baik dari Kota Depok sendiri bahkan hingga perusahaan animasi yang berada di daerah Yogyakarta.

Nah itulah rekomendasi SMK jurusan animasi terbaik. Jadi mana SMK incaran kalian detikers?



Simak Video "Viral Pelajar SMK di Medan Dikeroyok Sejumlah Pemuda"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia