5 Sekolah Termahal di Dunia, Biayanya Sampai Miliaran Rupiah

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 04 Apr 2022 11:30 WIB
College Alpin Beau Soleil
Sekolah termahal di dunia.Foto: College Alpin Beau Soleil
Jakarta -

Sekolah adalah hak semua orang untuk memperoleh pendidikan, sehingga bisa memperbaiki kesejahteraan hidupnya. Dengan pertimbangan tersebut, sudah sewajarnya bila sekolah mudah diakses seluruh lapisan masyarakat.

Meski begitu, ada beberapa sekolah di dunia yang diklaim sebagai sekolah paling mahal. Sekolah yang menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam belajar ini, tentunya hanya bisa diakses beberapa orang.

Dikutip dari laman India Today dan SCMP, berikut sekolah dengan tarif fantastis di dunia.

Sekolah Termahal di Dunia

1. College Alpin Beau Soleil-Swiss

Sekolah multikultur ini memiliki 260 murid yang berasal dari 50 negara. Para murid belajar di kelas kecil dibimbing seorang guru dengan rasio 4:1. Di sekolah dengan bahasa pengantar Prancis dan Inggris, biaya yang diperlukan mulai dari Rp 1,8 miliar. Sekolah ini menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler classy misalnya mengamati burung, berkuda, seluncur es, yoga, dan tinju.

2. Institut Le Rosey-Swiss

Semua siswa yang ada di sini terdaftar belajar untuk ujian resmi international baccalaureate (IB) atau Baccalaureat Perancis. Le Rosey menampung siswa dari 65 negara, sehingga tak heran bahasa yang digunakan bersifat bilingual.

Sekolah ini menarik perhatian karena kegiatan hariannya yang sangat unik. Siswa makan secara prasmanan dan disuguhi coklat panas menjelang siang. Untuk makan malam, siswa di sekolah berbiaya Rp 1,8 miliar setahun ini wajib mengenakan pakaian formal. Satu meja makan diperuntukkan bagi 6-8 siswa dengan 1-2 guru.

3. Hurtwood House School-Inggris

Salah satu sekolah termahal di dunia ini terletak di sebuah rumah Edwardian dengan tanah seluas 200 hektar. Sekolah yang berdiri tahun 1974 ini memiiki sistem asrama tradisional. Bila tertarik sekolah ini, wajib merogoh kocek hingga Rp 1,4 miliar rupiah per tahun.

4. Leysin American School - Swiss

Walaupun bernama sekolah Amerika, hanya 12 persen muridnya yang merupakan orang Amerika. Sekolah ini bersifat multikultural dengan siswa berasal dari 60 negara. Satu kelas dalam sekolah ini hanya menampung 12 murid.

Sesuai namanya, sekolah ini terletak di kaki gunung Leysin. Fasilitas di sekolah dengan biaya Rp 1,4 miliar per tahun ini adalah seperti klub ski, ballroom besar, dan pusat seni.

5. Think Global School

Think Global School merupakan sekolah yang menerapkan sistem traveling, yang tinggal di empat negara dalam satu tahun. Jumlah murid di sekolah ini hanya 60 orang dengan perbandingan terhadap total guru adalah 4:1. Biaya tahunan sekolah ini mencapai Rp 1,2 miliar rupiah per tahun.

Nah itulah daftar sekolah termahal di dunia. Sungguh mencengangkan ya detikers!



Simak Video "BPKH Siap Transfer Dana Haji 2022 ke Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia