5 SMA dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Bisa Rp 495,6 Juta Setahun

Trisna Wulamdari - detikEdu
Sabtu, 17 Jul 2021 17:00 WIB
Program vaksinasi untuk para pelajar SMP dan SMA terus dikebut. Hari ini salah lokasi vaksinasi untuk anak berada di SMA 38, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jenjang SMA sederajat jadi jenjang krusial buat siswa untuk menyiapkan diri sebelum masuk perguruan tinggi. Untuk mendukung persiapan siswa menempuh pendidikan tinggi, sejumlah sekolah di Indonesia menyediakan berbagai program dan fasilitas berstandar internasional.

Di sisi lain, kualitas program dan fasilitas juga memengaruhi biaya sekolah yang dikenakan pada orang tua siswa. Tidak heran, sejumlah sekolah di Indonesia memiliki biaya pendidikan di atas rata-rata.

Berikut 5 SMA dengan biaya sekolah termahal yang dirangkum detikEdu dari situs resmi sekolah masing-masing:

1. Anglo-Chinese School Jakarta (ACS Jakarta)

ACS Jakarta merupakan International Baccalaureate (IB) World School dan Cambridge Centre. Sekolah ini ini menyediakan jenjang Nursery, Kindergarten A dan B, serta kelas 1-12.

Sejumlah fasilitas di sekolah ini di antaranya ruang seni, laboratorium komputer, laboratorium sains, ruang musik, perpustakaan, Performing Art Theater, Tang Siong Kie Hall dengan dua ruang tari dan enam ruang musik, dan klinik. Ada juga lima lapangan tenis, tiga lapangan sepak bola, dua lapangan basket, satu lapangan voli, satu gymnasium, enam lapangan bulu tangkis, dan kolam renang.

Siswa kelas 9-10 di ACS Jakarta dikenakan biaya sekolah Rp212 juta per tahun.

Sementara itu, siswa kelas 11-12 dengan IB Diploma Programme dikenakan biaya sekolah Rp 230 juta per tahun.

Pendaftar yang ingin masuk sekolah ini dikenakan biaya tes masuk ACS Jakarta sebesar Rp500 ribu per mata pelajaran dan biaya pendaftaran sebesar Rp 4,5 juta.

Siswa SMA ACS Jakarta dikenakan biaya materi pembelajaran yang mencakup buku teks, buku latihan, dan papan tulis. Biaya ini tidak mencakup buku panduan, revisi dan penilaian, kalkulator, dan perangkat lunak komputer. Biaya materi pembelajaran ACS Jakarta sebesar Rp15,2 juta untuk materi kelas 9 hingga kelas 10, serta Rp21 juta untuk kelas 11 hingga kelas 12.

Para siswa juga wajib mengikuti kamp pendidikan utama dengan biaya USD700-1.600 atau sekitar Rp10-23 juta.

Di akhir jenjang pendidikan, siswa yang menjalani ujian Cambridge Board Examinations atau IB Diploma Examinations oleh International Baccalaureate Organization. Biaya ujian ini sekitar USD800-1000 atau sekitar Rp11,5-14,4 juta.

2. Bandung Independent School

Bandung Independent School (BIS) adalah sekolah internasional di Bandung berbasis IB Word School. Sekolah ini menawarkan program Primary Year Program (PYP) dan Diploma Program (DP).

Sejumlah fasilitas di BIS yaitu Performing Arts Center dengan ruang teater dan ruang latihan, lapangan sepak bola, dua laboratorium sains, kolam renang, perpustakaan, ruang kerja kolaboratif, laboratorium komputer, laboratorium desain (Innovator's Maker Space), dan lain-lain.

Siswa SMA di BIS dikenakan uang sekolah Rp246,7 juta per tahun untuk kelas 9-10 dan Rp263 juta per tahun untuk kelas 11-12.

Calon siswa dikenakan biaya pendaftaran Bandung Independent School yang mencakup Placement Test berbasis benchmark internasional, wawancara Placement, dan Class Trial satu hari.

Biaya pendaftaran Bandung Independent School sebesar Rp1 juta. Biaya pendaftaran ini digratiskan untuk tahun ajaran 2021-2022.

Siswa Bandung Independent School juga dikenakan Annual Technology Fee, English Learner Support (ELS) Programme, Annual Facilities and Maintenance Fee (FMF), dan Outreach Deposit. Annual Technology Fee mencakup laboratorium komputer, kelengkapan jaringan, Wi-Fi,smart boards dan proyektor, dukungan teknis pada jam sekolah, dan perangkat lunak akademik. Biaya sekolah Annual Technology Fee sebesar Rp 7 juta.

Biaya English Learner Support (ELS) Programme di BIS sebesar Rp 6 juta. Sementara itu, biaya FMF sebesar Rp 20 juta. Adapun biaya Outreach Deposit untuk siswa jenjang sekolah menengah sebesar Rp 4 juta.

Sejumlah potongan harga diberlakukan untuk siswa baru tahun ajaran 2021, di antaranya potongan 3% uang sekolah, tambahan diskon 10%, dan gratis biaya FMF.



Simak Video "Ayam betutu, Mencari Kuliner Nikmat Khas Bali di Ubud"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia