Manchester United dan 5 Sekolah Sepak Bola Dunia Pencetak Megabintang Sukses

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 15:30 WIB
Manchester Uniteds Jesse Lindgard, second left, reacts with teammates after scoring his sides second goal during the English Premier League soccer match between West Ham United and Manchester United at the London Stadium in London, England, Sunday, Sept. 19, 2021. (AP Photo/Ian Walton)
Foto: Ian Walton/AP/Manchester United dan 5 Sekolah Sepak Bola Dunia Pencetak Megabintang Sukses
Jakarta - Sekolah sepak bola menjadi salah satu jalan bagi seseorang yang memiliki bakat dan ingin menjadi pemain profesional. Di dunia, sekolah sepak bola atau akademi Manchester United menjadi salah satu yang terbaik.


Hal itu dikarenakan Manchester United sanggup melahirkan pemain sepak bola top dunia dari berbagai generasi sejak dulu. Namun, pada perkembangan sepak bola modern, tak hanya Manchester United saja yang melahirkan pemain berbakat.

Sekolah sepak bola negara lain juga memiliki pemain yang sukses berkarir dan menjadi pemain kelas dunia. Sekolah sepak bola mana saja yang dimaksud?

Manchester United-Inggris


Sekolah sepak bola atau akademi Manchester United (MU) merupakan salah satu yang tersukses di dunia karena tak pernah berhenti melahirkan pemain yang sukses.


Sebut saja akademi Manchester United generasi 90-92 an yang mencetak pemain bintang seperti Paul Scholes, David Beckham, Ryan Giggs hingga Gary Neville. Hasil tersebut tak lepas dari didikan Sir Alex Ferguson sebagai guru alias pelatih berpengaruh di MU.


Kesuksesan sekolah sepak bola MU tak hanya berhenti di situ karena pada masa sekarang ada generasi baru MU yang menjadi pemain bintang kelas dunia. Ada Paul Pogba, Marcus Rashford hingga Jesse Lingard.


Ajax Amsterdam-Belanda


Berbicara sekolah sepak bola pencetak megabintang tentu akademi Ajax tak diragukan lagi. Johan Cruyff, Patrick Kluivert, hingga Clarence Seedorf adalah beberapa nama yang sukses menjadi pemain top kelas dunia dengan berbagai gelar dan prestasi.


Bahkan sekolah sepak bola Ajax telah melahirkan pemain muda berkelas dunia dari berbagai posisi mulai dari pemain belakang, tengah, hingga pemain depan. Sebut saja De Ligt, Jan Vertonghen, Daley Blind, Toby Alderweireld, Christian Eriksen, Alderweireld, Frenkie de jong, Donny van de Beek, Justin Kluivert, dan Ryan babel.


Schalke 04-Jerman


Daratan Jerman memiliki salah satu sekolah sepak bola terbaik yakni Schalke 04. Beberapa pemain top dunia lahir dari akademi yang bermarkas di kota Gelsenkirchen, Jerman.


Ada Christoph Metzelder dan Jens Lehmann yang membawa Jerman ke semi final Piala Dunia 2006 serta Benedikt Höwedes, Mesut Özil, Manuel Neuer, dan Julian Draxler yang menjadi pemain dengan gelar Juara Piala Dunia 2014.


Santos-Brasil


Meski bukan klub dari liga top dunia, namun sekolah sepak bola di negara Brasil tidak bisa diremehkan. Hal itu karena banyak sekali pemain Brasil yang sukses merajai prestasi di benua Eropa bahkan dunia.


Salah satu sekolah sepak bola yang terbaik adalah Santos yang berhasil mencetak pemain top dunia sekaligus legenda dalam sepak bola yakni Pele.

Selain itu, ada juga pemain yang pernah berkostum klub-klub besar yakni Robinho, serta ada pemain dengan gaji termahal di dunia yakni Neymar.


Sporting Lisbon-Portugal


Berbicara megabintang dan pemain paling sukses di dunia tentu akan kurang jika tidak menyebutkan Cristiano Ronaldo. Puluhan trofi klub hingga prestasi individu terbaik seperti Ballon D'or menjadi bukti.


Meski sekarang bermain untuk Manchester United, namun Cristiano Ronaldo merupakan didikan sekolah sepak bola klub Sporting Lisbon asal Portugal.


Di Sporting Lisbon tak hanya ada Ronaldo tapi juga pemain berbakat lainnya seperti Luis Figo, Quaresma, Nani, Joao Moutinho, hingga Eric Dier.


Barcelona-Spanyol


Selain Cristiano Ronaldo, nama Lionel Messi juga wajib disebut sebagai pemain megabintang tersukses di dunia. Bersama Ronaldo, Messi turut bersaing memperebutkan penghargaan pemain terbaik dunia setiap tahunnya.


Pemain yang baru saja pindah ke Paris Saint Germain (PSG) ini merupakan lulusan sekolah sepak bola terbaik di Spanyol yakni Akademi La Masia Barcelona.


Dalam sejarahnya, generasi La Masia tak pernah berhenti melahirkan pemain berbakat. Selain Messi, sebut saja ada Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergi Roberto.


Terbaru ada beberapa pemain muda jebolan La Masia yang digadang akan jadi masa depan sepak bola Barcelona. Mereka adalah Ansu Fati, Riqui Puig, Oscar Mingueza, hingga Ilaix Moriba.


Nah, itulah 6 sekolah sepak bola pencetak megabintang paling sukses termasuk Manchester United.

Simak Video "Atalanta Vs MU: Ronaldo-Cavani Duet Lagi?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia